Setelah Dilantik Ketua PWI Jabar, PWI Kabupaten Sukabumi Langsung Ngabrét

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama jajaran dan pengurus PWI Kabupaten Sukabumi periode 2020-2023.

Wartawan Iyus Firdaus PWI/Fitra Yudi

Editor Wawan AS

Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sukabumi periode 2020-2023 akan langsung ngabrét atau berlari kencang seperti kuda balap setelah dilantik Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat. Salah satu program yang akan segera dijalankan adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi anggota PWI dan wartawan lain di Sukabumi.

Hal itu dikatakan Ketua PWI Kabupaten Sukabumi, Asep ‘Avhes’ Solihin ketika ditemui wartawan seusai pelantikan dirinya bersama jajaran pengurus di Pendopo Sukabumi, Rabu (7/4/2021). Pada pidato pelantikannya di hadapan hadirin dan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Avhes menyampaikan program-program strategis selama periode kepemimpinannya.

Melalui UKW, PWI Kabupaten Sukabumi dapat memfokuskan upayanya pada peningkatan profesionalisme anggota. Untuk tahap pertama, Avhes dan rekan-rekan akan memfasilitasi penyelenggaraan UKW level muda, ke depan bisa saja menyelenggarakan UKM madya dan bahkan mungkin utama.

“Dalam UKW, kami hanya memfasilitasi. Penyelenggaranya tetap PWI Jabar dengan penguji dari Dewan Pers. Selain UKW, program strategis lain yang kami canangkan adalah pemberdayaan organisasi sayap agar dapat berjalan dan menjalankan peran, tugas pokok, dan fungsinya,” ujar Avhes.

Organisasi sayap yang dimaksud terdiri dari PWI Peduli, IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia),  Koperasi PWI, SMSI (Serikat Media Siber Indonesia), Rumah Bantuan Hukum, dan Mappilu (Masyarakat Pers Pemantau Pemilu).

“Dengan hadirnya organisasi-organisasi sayap tersebut, kami memiliki lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dan bersinergi dengan masyarakat, pemerintahan, dan dunia usaha. Kami harus  ngabrét untuk mewujudkan PWI yang lebih baik,” tuturnya.

Program lainnya bengkel jurnalistik untuk anggota dan peserta lain dari masyarakat umum. Bengkel ini sifatnya orientasi dan diklat untuk mematangkan pengetahuan dan kapasitas para peserta di dunia jurnalistik yang mencakup aspek menulis berita, hukum, dan etika.

Koperasi PWI akan diarahkan untuk meningkatkan daya saing bisnis dengan sasaran utama kesejahteraan anggota PWI Kabupaten Sukabumi. Dalam menjalankan usahanya, koperasi ini akan menyesuaikan dengan prospek bisnis saat ini dan masa depan.

“Kami juga akan melakukan perlindungan hukum terhadap produk jurnalistik karya anggota PWI Kabupaten Sukabumi. Kebijakan ini untuk menjamin kemerdekaan pers sebagaimana diamanatkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” kata Avhes. 

Pelantikan pengurus PWI Kabupaten Sukabumi diakhiri dengan pembagian satunan bagi anak yatim dari Yayasan Umi Kulsum dan dilanjutkan dengan Konferensi Kerja PWI Kabupaten Sukabumi tahun 2021. Pada konferensi tersebut, Avhes dan jajaran pengurus akan membahas dan mengesahkan program kerja yang akan dijalankan selama periode kepengurusannya.

“Bahan konferensi telah matang, jadi tinggal pembahasan inti-intinya. Pengesahannya tidak akan lama,” ujar dia.

Sementara dalam amanatnya, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, hendaknya anggota PWI Kabupaten Sukabumi memperhatikan aktualitas dan akuntabilitas berita. Hal ini untuk mengimbangi kondisi masyarakat yang sering menerima banyak informasi yang tidak bermanfaat.

Sebelumnya Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat menyampaikan, wartawan harus melakukan cek dan ricek dengan mata dan telingan sendiri sebelum menulis berita. Wartawan juga harus melaksanakan kode etik jurnalistik, tidak sekedar dihafal. Selain itu wartawan harus ikut menggairahkan ekonomi yang terputuk akibat wabah Covid-19.  

Adapun susunan pengurus yang dilantik terdiri dari Ketua Asep Solihin, Wakil Ketua H. Rachmat Djuniardi, H. Rosyad Furqon, dan Hamjah, Sekretaris Muhammad Budi Darmawan, Bendahara Usep SP, dan Wakil Bendahara Budi Setiadarma Nataprawira.

Selanjutnya Seksi Organisasi Darmawan Hadi, Seksi Hubungan Kelembagaan Mulya Hermawan, Seksi Advokasi Fitra Yudi Saputra, Seksi Pendidikan Wawan AS, dan Seksi Kesejahteran Ariswanto.

Selain itu dilantik pula tiga orang ordinariat yaitu H. Rizwan untuk Ordinariat Pajampangan, H. Aji Deni untuk Ordinariat Sukaraja, dan Cepi Satria untuk Ordinariat Sukabumi bagian utara. (*)