Capaian Kinerja Urusan Trantibum Linmas dan Sosial Penuhi Target

oleh -
Penanganan dan pembinaan terhadap anak jalanan merupakan program berkelanjutan yang dilaksanakan Dinas Sosial Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Sepanjang tahun 2020, Pemkot Sukabumi berhasil mencapai target kinerja di sektor ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum), perlindungan masyarakat (linmas), dan sosial. Beberapa program dan kegiatan pada bidang-bidang tersebut menorehkan capaian kinerja 100 persen dari target.

“Bidang-bidang ini mendapat perhatian dari pemerintah karena berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat. Terlebih untuk bidang sosial, itu menyangkut warga yang membutuhkan uluran tangan,” kata Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi ketika diwawancara wartawan dalam rangka refleksi Hari Jadi ke-107 Kota Sukabumi melalui telepon seluler, Selasa (6/4/2021).

Walaupun terdampak refocusing anggaran untuk penanganan wabah Covid-19, ujar Fahmi, jajaran Pemkot Sukabumi tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk sektor-sektor tersebut. Dengan semangat tersebut, Pemkot Sukabumi bisa mencapai kinerja 100 persen dari target.  

Untuk pelayanan bagi warga yang terkena dampak gangguan trantibum akibat penegakan hukum terhadap pelanggaran perda dan peraturan kepala daerah, jajaran pemda bisa menyelesaikan dua kasus sesuai target. Dengan demikian sebanyak dua warga dapat menerima jenis pelayanan tersebut.

Selanjutnya untuk pelayanan informasi rawan bencana, BPBD Kota Sukabumi bisa memberikan pelayanan dalam bentuk tindak lanjut terhadap kondisi rawan bencana  sebanyak 1.651 atau 100 persen dari target.

Begitu juga untuk pelayanan lainnya yang terkait dengan bencana dapat mencapai 100 persen. Pelayanan-pelayanan dimaksud terdiri dari pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana sebanyak 289 orang, pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana 289 orang, dan pelayanan penyelematan dan evakuasi korban kebakaran sebanyak 17 orang. 

Di bidang sosial, berbagai jenis program dan kegiatan juga mencapai 100 persen dari target. Program rehabilitasi sosial penyandang disabilitas terlantar di luar panti dapat memberikan pelayanan kepada 40 orang penyandang disabilitas. Dalam program ini, Dinas Sosial Kota Sukabumi melakukan rehabilitasi kepada para penyandang disabilitas yang tidak tinggal di dalam panti.

Program-program pelayanan sosial lainnya beserta capaiannya terdiri dari rehabilitasi sosial anak terlantar di luar panti 21 orang, rehabilitasi sosial dasar lanjut usia terlantar di luar panti 11 orang, rehabilitasi sosial tuna sosial khususnya gelandangan dan pengemis di luar panti 112 orang, perlindungan dan jaminan sosial pada saat tanggap dan pasca bencana bagi korban bencana sebanyak 55 orang. (*)