Tahun Pandemi, Kota Sukabumi Terus Meraih Prestasi

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS  

Di tengah gempuran Virus Corona yang berlangsung sejak bulan Maret 2020, Kota Sukabumi tidak kehilangan jati dirinya sebagai daerah langganan peraih prestasi. Hingga memperingati Hari Jadi ke-107, Kota Sukabumi terus meraih penghargaan dari provinsi dan pusat.

Salah satunya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Sampai umur 107 tahun, Kota Sukabumi telah mendapatkan opini WTP selama 6 kali berturut-turut dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Opini WTP terakhir diraih Kota Sukabumi pada tahun 2020 untuk LKPD tahun anggaran 2019.

Menanggapi peraihan WTP itu, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami  menjelaskan, opini tersebut akan semakin mendorong jajaran Pemkot Sukabumi untuk terus menggunakan anggaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia mengharapkan, penggunaan APBD Kota Sukabumi selalu tepat sasaran.

“Kami yakin, jajaran Pemerintah Daerah Kota Sukabumi dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan,” kata Andi kepada wartawan melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (3/4/2021).

Andri bangga karena peraihan WTP tersebut disertai dengan prestasi lainnya yaitu bebas tindak pidana korupsi dalam penggunaan APBD. Mudah-mudahan, ujarnya, tahun ini pun Kota Sukabumi dapat meraih opini WTP untuk ketujuh kalinya.

Selain itu tahun ini Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi menerima penghargaan  dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. DPMPTSP Kota Sukabumi ditetapkan sebagai penyelenggara pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

Saat menerima penghargaan tersebut dari Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Kepala DPMPTSP Kota Sukabumi, Beni Haerani mengatakan, dengan fasilitas seadanya, jajarannya bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hasilnya masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh DPMPTSP.

Di tengah keterbatasan anggaran, ujar Beni, jajarannya bisa tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu buktinya pencapaian investasi tahun lalu bisa mencapai 300 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Di samping dua penghargaan tersebut, Kota Sukabumi sukses meraih berbagai penghargaan antara lain

  1. Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Rumah Sakit Bhayangkara yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional tahun 2020
  2. Home Care sebagai 45 Top Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tahun 2020
  3. Penghargaan dari Lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional untuk Terminal Tipe A Kota Sukabumi
  4. Smart Governance (Smartcity) mendapatkan Juara III Tingkat Nasional tahun 2020
  5. Kota Terinovatif (Innovative Goverment Award) dari Kementerian Dalam Negeri Kota Sukabumi tahun 2020