Kesempatan Perbaiki Laporan Keuangan, Bupati Sampaikan Terima Kasih kepada BPK

oleh -
Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Agus Khotib (kanan) bersama Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menandatangani berita acara penyerahan LKPD tahun anggaran 2020 unaudit.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Agus Khotib ke Kabupaten Sukabumi. Pada  kunjungan dalam rangka penyampaian hasil audit interim itu, BPK memberikan kesempatan kepada Pemkab Sukabumi untuk memperbaiki laporan keuangan daerah.

“Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak bersama rombongan. Juga atas kesempatan untuk memperbaiki laporan keuangan. Kami akan terus memperbaiki laporan sesuai dengan saran dari Tim BPK RI,” kata bupati ketika menyambut Agus Khotib dan jajarannya di Pendopo Sukabumi, Kamis (1/4/2021).

Kehadiran BPK RI Perwakilan Jabar, kata bupati, juga untuk memberikan telaahan dalam membuat kebijakan agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Bupati menyatakan, jajarannya akan melakukan perbaikan yang harus dilakukan berdasarkan hasil audit interim Pemkab Sukabumi yang diserahkan oleh BPK RI.

Di tempat yang sama Agus Khotib mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Sukabumi untuk menginformasikan hasil interim audit yang dilakukan tim BPK RI Perwakilan Jawa Barat di Kabupaten Sukabumi.

“Pada hasil interim audit ini, tampak ada beberapa hal pada laporan keuangan yang harus diperbaiki. Mudah-mudahan bisa diperbaiki. Sehingga Opini WTP bisa diraih kembali,” kata Agus,

Menurutnya, audit yang dilakukan BPK RI merupakan amanat undang-undang. Tujuannya untuk menguji kewajaran angka-angka dalam laporan keuangan daerah dan menguji standar akuntasinya. Selain itu untuk menguji kepatuhan terhadap peraturan pengelolaan keuangan daerah.

Pada kesempatan itu Bupati Sukabumi menyerahkan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) tahun anggaran 2020 unaudit kepada Agus yang mewakili BPK RI Perwakilan Jawa Barat. (*)