Bareta Selenggarakan Bimtek Satgas Sosial Tingkat Desa

oleh -
Ketua Umum LSM Bareta Junaidi Tanjung dan peserta bimtek Satgas Sosial.
Narasumber bimtek Satgas Sosial dari kiri ke kanan Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani, Redi Prihadi dari BNN, dan Danramil Baros Kapten Inf Raja Azman.

Wartawan Ujang Ferdi Ferdiansyah

Editor Wawan AS

LSM Barisan Evakuasi Tanggap Bencana (Bareta) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) pembentukan satgas sosial tingkat desa bertempat di Nipah Valley  di Kampung Cikopak, Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (1/4/2021). 

Pada kegiatan itu, para peserta menerima pembekalan materi bimbingan dari Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani; Redi Prihadi dari BNN, Kapolsek Nagrak Iptu Teddi Armayadi, Danramil Baros Kapten Inf Raja Azman, dan Kasi PPSKS Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Dadan Supardan.

“Bimbingan teknis pembentukan Satgas Sosial tingkat desa ini merupakan gelombang keenam dengan anggaran hibah tahun 2021 melalui Baznas Kabupaten Sukabumi,” kata Ketua Umum LSM Bareta, Junaidi Tanjung.

Para peserta, ujar dia, berasal dari berbagai desa dengan jumlah 50 orang. Adapun persyaratnya menjadi peserta antara lain berjiwa sosial, umur di bawah 45 tahun, dan selalu merasa terpanggil untuk membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan.

“Mereka nantinya akan menjadi Satgas Kesetiakawanan Sosial Nasional di desanya masing-masing,” jelas Junaidi.  

Bersamaan dengan bimtek, Bareta juga menyelenggarakan kegiatan sosial dan kegiatan lain terkait dengan pengembangan oeganisasi. Acara dibuka oleh Anita mewakili Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Dari kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan berbagai fasilitas antara lain seragam, komsumsi, uang pengganti transportasi, ATK, sertifikat, dan kartu anggota. (*)