Unpam dan BJI Membangun SAB dan Sarana Ekonomi Cikoja

oleh -
Peresmian SAB di Kampung Cikoja RT 10 RW 01, Desa Palasarihilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi yang dibangun oleh Universitas Pamulang (Unpam) dan BJI Presda Sukabumi Raya. Pada gambar tampak Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, Budhy Lesmana (kelima dari kiri).

Wartawan Fitra Yudi Saputra

Editor Wawan AS

Universitas Pamulang (Unpam) dan Kebangkitan Jawara dan Pengacara Indonesia (BJI) Presidium Daerah (Presda) Sukabumi Raya kompak bersatu bersama warga Kampung Cikoja RT 10 RW 01, Desa Palasarihilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi membangun sarana air bersih (SAB).

Tim juga mendirikan perpustakaan serta bekerja sama mengembangkan sentra ekonomi warga berupa  Kedai Kopi Jawara.

Pembangunan SAB tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar  air bersih warga sehari-hari.  Sementara keberadaan Kedai Kopi Jawara diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan mengatasi kesulitan hidup  warga Cikoja di masa pandemi sekarang ini.

“SAB yang dibangun dapat memenuhi kebutuhan air bagi 25 kepala keluarga di wilayah ini. Mereka tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Tidak hanya kebutuhan rumah tangga saja, air bersih yang dihasilkan juga untuk masjid dan mushola,” kata Indra selaku koordinator kegiatan kepada wartawan, Ahad (28/3/2021).

Adapun sumber dana berasal dari masyarakat, program Jumat Berkah, dan mahasiswa Unpam. Di tempat kegiatan tampak hadir Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, Budhy Lesmana dan dosen pembimbing dari Unpam yaitu Adi Candra, S.T., M.T. dan Yudi Mulyana, S.T., M.Y., S.Kom. 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) Unpam tahun 2019. Jumlah mahasiswa yang diterjunkan ke lapangan untuk membantu  membangun kedua fasilitas itu  sekitar 15 orang.  

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada civitas akademika Unpam yang turun langsung ke daerah kami untuk membantu masyarakat dalam pembangunan sarana air bersih dan perpustakaan,” ujar Indra.

Masyarakat juga mengapresiasi keterlibatan BJI Presda Sukabumi Raya dalam membuka peluang-peluang usaha berbasis kuliner melalui Kedai Kopi Jawara.

“Mudah-mudahan pembangunan SAB dan perpustakaan serta Kedai Kopi Jawara dapat meningkatkan taraf kehidupan dan ekonomi warga di kampung kami,” ungkapnya. (*)