Deklarasi ODF, Desa Cimanggu Bebas Dolbon

oleh -
Deklarasi ODF atau bebas BAB sembarangan di Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diikuti perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat.
Kepala Desa Cimanggu, Demi (ketiga dari kiri) ketika memimpin deklarasi ODF.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Imbauan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami untuk meggencarkan target Kabupaten Sukabumi bebas BAB (buang air besar) sembarangan atau open defecation free (ODF) langsung direspon desa. Salah satunya Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu yang menggelar kegiatan deklarasi ODF, Jumat (26/03/2021)

Deklarasi ODF digelar di aula Balai Desa Cimanggu. Dengan deklarasi ODF tersebut, wilayah Desa Cimanggu 100 persen bebas BAB semabarangan. Semua warganya BAB di jamban yang bersih dan memenuhi syarat sanitasi. Tidak ada lagi warga yang buang air besar di kebun atau biasa disebut dolbon. 

Kegiatan tersebut menjadi pertanda bahwa secara kolektif masyarakat di desa Cimanggu terbebas dari prilaku BAB sembarang.

Pada deklarasi ODF itu tampak hadir Kepala Desa Cimanggu Demi, perwakilan dari Kantor Kecamatan Pelabuhanratu, Babinsa Cimanggu, Muspides Cimanggu, BPD, Kadus, ketua RW, ketua RT, dan tokoh masyarakat Desa Cimanggu.

“Alhamdulillah, kini desa kita dinyatakan bebas dari prilaku BAB sembarang,” kata Kades Demi di sela-sela kegiatan deklarasi.

Sudah sejak lama, Demi dan perangkatnya ingin membebaskan Desa Cimanggu dari kebiasaan BAB sembarangan seperti dolbon. Selain tidak sehat karena meninggalkan kotoran di atas tanah, dolbon juga dapat mengancam keselamatan pelakunya. Bisa saja ketika sedang BAB, tiba-tiba pelaku dolbon diserang ular atau kalajengking.

Sebelum deklarasi ODF di tingkat desa, lanjut Demi, Cimanggu telah melewati tahap verifikasi ODF oleh tim dari kecamatan dan kabupaten. Jadi, kata dia, Desa Cimanggu sudah memenuhi syarat, khususnya syarat memiliki WC mandiri dan umum sehingga masyarakatnya tidak BAB sembarangn.

“Insya Allah, kita akan tingkatkan terus kesehatan lingkungan khususnya untuk mewujudkan kebiasaan mandi mencuci dan BAB yang sehat,” ujar Demi. (*)