Dari Sukabumi untuk Dunia, BJI Sajikan Pilihan Bijak Kopi Jawara

oleh -
Acara peluncuran Kopi Jawara di BJI Mart, Jalan Baru Sukaraja berlangsung meriah dengan kehadiran para pejabat daerah dan artis hijrah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Kehadiran Kopi Jawara akan meramaikan wisata dan bisnis kuliner di Sukabumi. Beragam komentar positif pun dilontarkan para pejabat daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat pada peluncuran Kopi Jawara di Gerai BJI Mart, Jalan Baru Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (6/3/2021).

Acara launching kopi yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT Bumi Kreasi Investama itu berlangsung meriah dan dihadiri sejumlah pejabat daerah, tokoh masyarakat, aktivis sosial kemasyarakatan, dan kalangan artis hijrah.

Dari kalangan pejabat tampak hadir Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi yang secara simbolis melaunching Kopi Jawara untuk diluncurkan di pasar perkopian.  Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara. Kedua pejabat itu sempat menikmati Kopi Jawara di depan hadirin.  

Selain itu hadir juga tokoh agama yang juga Pimpinan Ponpes Dzikir Al-Fath, KHM. Fajar Laksana yang menjadi model iklan Kopi Jawara. Dari produsen Kopi Jawara  diwakili oleh Direktur Utama PT Bumi Kreasi Investama yang juga Ketua Kebangkitan Jawara dan Pengacara Indonesia (BJI) Presda Sukabumi Raya, Budhy Lesmana dan Komisaris PT Bumi Kreasi Investama, Asep Drajat.  

Suasasa peluncuran Kopi Jawara tampak lebih meriah lagi dengan hadirnya artis hijrah yaitu Dik Doank, Muhammad Dewa Putu Adhi, dan Agus Idwar.

Meskipun relatif  baru, Kopi Jawara sudah cukup dikenal di kalangan penikmat dan penggemar kopi. Kopi Jawara merupakan kopi khas lokal tanpa campur tangan investor asing dengan jenis kopi robusta dan arabika.  

Dalam sambutan saat melaunching Kopi Jawara, Wali Kota Sukabumi mengapresiasi hadirnya Kopi Jawara yang mengusung visi ‘Dari Sukabumi untuk Dunia’. Fahmi mengharapkan kopi khas Sukabumi ini bisa mendunia dan dikenal oleh  masyarakat internasional sehingga bisa memberikan nilai positif bagi Sukabumi.

“Kami akan mendukung produk lokal Sukabumi untuk dipasarkan hingga ke berbagai daerah dan negara,” ujar wali kota.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar BJI Sukabumi Raya yang telah melaunching Kopi Jawara. Launching Kopi Jawara, kata dia, mewakili semangat untuk mengembangkan dan memasarkan produk lokal ke percaturan dunia.  

Wali Kota juga mengatakan Kopi Jawara tidak mungkin bisa berkembang sampai ke tingkat dunia apabila tidak ada keberpihakan dari semua kalangan pemerintahan dan masyarakat di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya setelah Kopi Jawara diluncurkan, ujar Fahmi, semua kalangan harus menunjukkan keberpihakan untuk menunjukkan kepada dunia bawah Sukabumi memiliki sesuatu yang khas yang bisa ditampilkan di level global.

Peluncuran tersebut ditandai dengan minum kopi bersama yang diawali oleh Fahmi dan diikuti semua hadirin. Ketika ditanya rasa dari Kopi Jawara, dirinya menyebutkan  dia percaya Kopi Jawara insya Allah aman di lambung. Walaupun bukan penikmat kopi yang fanatik, wali kota menyatakan bisa membedakan kelebihan dai kenikmatan Kopi Jawara.

“Kalau Kabupaten Sukabumi melalui Ketua DPRD mendukung kopi ini menjadi kopinya di setiap momen kegiatan, insya Allah kami juga akan berpihak kepada produk lokal ini,” ujar Fahmi.

Sementara itu Yudha Sukmagara membenarkan adanya rencana kerja sama BJI Mart dengan DPRD Kabupaten Sukabumi untuk menjadikan Kopi Jawara sebagai minuman di DPRD Kabupaten Sukabumi. Dia tidak akan memesan kopi lain kecuali Kopi Jawara yang merupakan asli produk Sukabumi.  

“Kopi Jawara adalah minuman pilihan DPRD Kabupaten Sukabumi. Saya melihat suatu kebanggaan dari Kopi Jawara ini karena asli Sukabumi. Tugas kami selaku wakil rakyat akan mendorong Kopi Jawara lebih maju dan berkembang,” kata Yudha.

Dia menaruh harapan besar pada Kopi Jawara dapat menjadi market leader di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Yudha menginginkan semua coffee shop yang ada di wilayah Sukabumi menyediakan produk Kopi Jawara.

“Saya sangat yakin produk ini bisa lebih terkenal bukan hanya tingkat Kota dan Kabupaten maupun Provinsi Jawa Barat tapi bisa secara nasional bahkan tingkat dunia,” ucapnya. (*)

Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, Budhy Lesmana dan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.  
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara dan Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, Budhy Lesmana.
Direktur Utama dan Komisaris PT Bumi Kreasi Investama, Budhy Lesmana dan Asep Drajat.