Didukung Musim Tanam, Stok Beras di Kota Sukabumi Aman

oleh -
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Persediaan beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga di Kota Sukabumi dalam keadaan aman sepanjang tahun 2021. Selain ditunjang sistem pergudangan yang tertib, persediaan beras tersebut didukung oleh program produktivitas dan keamanan tanaman padi dari gangguan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) padi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan mengatakan, kondisi ketersediaan pangan saat ini didorong oleh datangnya musim tanam pada bulan Februari lalu. Berdasarkan hasil pemantauan DKP3 Kota Sukabumi, kegiatan musim tanam awal 2021 itu berjalan sesuai target.

“Ketika para petani memulai musim tanam pada bulan Februari lalu, mereka didukung oleh kondisi iklim yang kondusif. Kami optimis hasil panennya akan bagus,” kata Andri kepada wartawan, Jumat (6/3/2021).

Dari musim tanam tersebut, ujar dia, para petani akan memetik hasilnya sekitar tiga bulan setelahnya yaitu kira-kira bulan Mei 2021. Dengan demikian, Kota Sukabumi akan mendapat tambahan padi dari sawah-sawah yang memetik hasil panen pada bulan tersebut. Otomatis tingkat persediaan beras di Kota Sukabumi menjadi bertambah.

“Jadi persediaan beras akan bertambah pada bulan Mei nanti. Tentu penambahan ini akan memperkuat stok tahun 2021,” jelas Andri.  

Untuk mendukung produktivitas petani, DKP3 Kota Sukabumi gencar melancarkan gerakan pengendalian OPT untuk memberantas hama dan penyakit tanaman. Gerakan ini dapat menjaga tanaman padi dari kerusakan akibat serangan OPT.

“Melalui pengendalian OPT, tanaman padi akan terjaga kualitas dan kuantitasnya. Secara langsung hal itu dapat meningkatkan stok pangan, khususnya beras di Kota Sukabumi,” tutur dia. (*)