Petugas Gabungan Gelar Operasi Penegakan Prokes di Surade

oleh -
Petugas gabungan melancarkan operasi yustisi untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam melaksanakan aturan protokol kesehatan.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Petugas gabungan dari Satpol PP, Polsek, dan Koramil Surade melancarkan operasi yustisi dalam rangka penegakan protokol kesehatan (prokes) di jalan utama Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/3/2021). Pada operasi itu, para petugas menjaring pengemudi dan penumpang kendaraan roda dua yang tidak mengenakan masker.

Dalam aksinya, petugas menghentikan hampir semua kendaraan yang melintas di tempat operasi. Mereka mencegat sepeda motor yang pengemudi dan penumpangnya tidak memakai masker. 

“Operasi ini sebagai bagian dari upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Kami ingin memastikan para pengguna kendaraan bermotor melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan,” kata Kanit Satpol PP Kecamatan Surade, Solih Sunarya di tengah pelaksanaan operasi yustisi.

Operasi dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB. Petugas juga menyampaikan teguran dan sosialisasi kepada pengendara yang tidak memakai masker. Mereka mengimbau warga untuk selalu mengenakan masker ketika berada di ruang publik.

“Dari operasi ini, kami ingin membangun kesadaran masyarakat bahwa memakai masker merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19,” tutur Solih.

Dia berharap kepada para pengguna jalan agar terus meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan prokes untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain yang berada di sekitarnya.

“Diharapkan dengan gencarnya operasi  ini,  tingkat kedisiplinan warga dalam  menjalankan protokol kesehatan semakin meningkat. Sehingga semua  pihak baik perorangan maupun pemilik usaha dapat mematuhi peraturan protokol kesehatan untuk mempercepat upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19,” jelas dia. (*)