Tim Gabungan Gelar Penanaman Mangrove di Pesisir Simpenan

oleh -
Para relawan lingkungan hidup menyisir titik demi titik lokasi penanaman mangrove di Kampung Sidat, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Menjelang HUT ke-17 Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kementerian Sosial bersama tim relawan lingkungan hidup menanam ribuan pohon mangrove di Kampung Sidat, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. 

Pada kegiatan itu, tim yang terlibat antara lain Dinas Sosial, Tagana Kabupaten Sukabumi, Pendamping PKH, TKSK, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Basarnas, TNI AL, perwakilan Muspida, Muspika Simpenan.

Kalangan lain yang berada di lokasi terdirin dari Tagana Kecmatan Simpenan, Pemdes Loji, KNPI dan ormas beserta OKP Kecamatan Simpenan, RAPI Palabuhanratu, Relawan Siberu, Pramuka, dan aktivis lingkungan lainnya.

Penanaman mangrove digelar pada Rabu (3/3/2021) siang. Mereka tampak bersemangat menyelusuri titik demi titik lahan gundul di sekitar pesisir Simpenan. Satu tim membuat lubang, kemudian tim lainnya memasukkan bibit mangrove ke dalamnya.

“Kegiatan diprakarsai oleh Kemensos. Penanaman Mangrove ini sudah beberapa kali dilaksanakan, khususnya di 9 kecamatan yang berpotensi terdampak tsunami termasuk Kecamatan Simpenan,” ujar Ketua Tagana Kecamatan Simpenan, Gigin Ginanjar. 

Aksi penyelamatan lingkungan itu, ujar dia, bertujuan untuk mengantisipasi ancaman megathrust yang diprediksi bisa menimbulkan tsunami dengan ketinggian gelombang 20 meter. Di Kabupaten Sukabumi terdapat 9 kecamatan yang berada di garis pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia.

Kesembilan kecamatan tersebut terdiri dari Ciracap, Tegalbuleud, Ciemas, Ciwaru, Cisolok, Palabuhanratu, Cikakak, Surade, dan Simpenan.

Lokasi penanaman mangrove yakni Kampung Sidat yang berdekatan dengan muara Sungai Cimandiri masuk ke dalam wilayah 9 kecamatan tersebut. Wilayahnya landai sebagaimana tempat-tempat yang berpotensi dilanda tsunami. 

“Alhamdulillah, pelaksanaannya berjalan lancar. Selanjutnya pohon-pohon yang ditanam akan dipantau dan dirawat oleh Tim Relawan Dinsos termasuk Tagana, Pemdes Loji, dan Kantor Kecamatan Simpenan,” ujar dia.

Tagana Simpenan, lanjut Gigin, selalu siap menjaga kelestarian pohon mangrove. Dia dan kawan-kawan juga mendukung penuh gerakan penyelamatan pantai oleh Tim Relawan Kebencanaan Dinsos Kabupaten Sukabumi. (*)