Kiriman dari Bio Farma, Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Kota Sukabumi

oleh -
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk vaksinasi tahap II di Kota Sukabumi  telah dikirimkan dari PT Bio Farma Bandung. Dalam pengiriman tersebut, PT Bio Farma mengirimkan 3.300 vial Vaksin Covid-19 yang langsung disimpan di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi.

 “Vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi tahap kedua dengan sasaran para tenaga kesehatan atau nakes dan tenaga penunjang yang belum mendapatkan vaksin pada tahap pertama dan sasaran lainnya sesuai peruntukan tahap kedua,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati usai penerimaan Vaksin Covid-19 tahap II, Rabu (24/2/2021).

Sasaran lain vaksinasi tahap II, ujar dia, terdiri dari petugas pelayan publik seperti anggota TNI, Polri, guru, pedagang pasar, pegawai BUMN, BUMD, dan tokoh agama.

Ada perbedaan Vaksin Covid-19 Sinovac yang datang untuk tahap II dalam hal kuantitasnya. Pada pengiriman tahap II ini berbeda dengan vaksin yang dikirim pada pengiriman tahap pertama. Vaksin tahap II ini, setiap vial berisi sembilan dosis sehingga kapasitas 3.300 vial bisa digunakan untuk 14.850 orang. 

“Vaksinasi tahap kedua ditargetkan selesai bulan April 2021 sehingga awal bulan Mei sudah dapat dimulai vaksinasi untuk masyarakat umum. Target selanjutnya  pada akhir tahun 2021, semua masyarakat yang berusia di atas 18 tahun telah selesai divaksinasi,” ujar Kabid P2P. (*)