Semua Fraksi Sepakat Usulkan Pergantian Sekretaris DPRD

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Semua fraksi menyepakati dilakukan pergantian Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Sukabumi. Alasannya, Sekretaris DPRD Kota Sukabumi Asep Lala Sukmana yang saat ini menjabat sering sakit, padahal yang bersangkutan menghadapi tugas yang berat.

Keinginan fraksi-fraksi itu dituangkan dalam bentuk surat kepada Pimpinan DPRD Kota Sukabumi yang ditandatangani semua pimpinan fraksi. Surat tersebut berisi usulan pergantian Sekwan.

Oleh Pimpinan DPRD, usulan dari fraksi itu diteruskan kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi. Sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, pergantian Sekretaris Dewan harus disertai persetujuan Pimpinan DPRD.

Surat tersebut telah diterima Fahmi. Wali kota mafhum isi surat tersebut. Surat yang diterima wali kota itu dilampiri surat usulan dari tujuh fraksi di DPRD Kota Sukabumi. 

“Dalam waktu dekat kami akan menindaklanjuti usulan dari Pimpinan DPRD tersebut,” kata wali kota kepada wartawan, Selasa (24/2/2021).  

Untuk mengakomodir usulan Pimpinan DPRD, ujar Fahmi, kemungkinan besar jabatan Sekretaris DPRD Kota Sukabumi akan dijabat oleh pelaksana tugas (plt). Prosesnya akan bergulir dalam waktu tidak lama lagi.  

Alasan munculnya keinginan pergantian Sekretaris Dewan disampaikan antara lain oleh Ketua Fraksi PAN Faisal Anwar Bagindo. Menurut Faisal, usulan pergantian tersebut muncul berdasarkan pertimbangan faktor kesehatan pejabat Sekwan yang saat ini menjabat.  

“Salah satunya karena faktor kesehatan Pak Asep. Kinerja beliau menjadi terganggu. Padahal tugas Pak Asep pada jabatan Sekretaris Dewan itu sangat berat sebagai penanggung jawab penyelenggara administrasi kesekretariatan di DPRD,” kata Faisal. (*)