Investasi PMDN 2020 Serap 2.416 Tenaga Kerja

oleh -
Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi tidak pernah berhenti mempromosikan Kota Sukabumi sebagai daerah tujuan investasi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Perkembangan investasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kota Sukabumi terus menunjukkan peningkatan dan perbaikan. Sepanjang tahun 2020, tingkat investasi tersebut melampauai target dan dapat menyerap 2.416 orang tenaga kerja.

Kabid Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  Kota Sukabumi, Hj. Sufiani menjelaskan, nilai investasi PMDN tahun lalu mencapai Rp618.886.992.677. Dari investasi tersebut, di Kota Sukabumi berdiri 430 perusahaan baru.

“Perusahaan-perusahaan dimaksud terdiri dari usaha mikro sebanyak 18, perusahaan kecil 278, perusahaan menengah 106, dan perusahaan besar mencapai 28 unit,” kata Sufiani kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Walaupun luas wilayahnya hanya 48,33 kilometerpersegi dan tidak memiliki sumber daya alam yang memadai, Kota Sukabumi tetap memiliki daya tarik sebagai daerah tujuan investasi. DPMPTSP Kota Sukabumi terus mempromosikan kelebihan-kelebihan Kota Sukabumi sebagai daerah tujuan investasi.  

Promosi investasi ditempuh melalui berbagai saluran media dan informasi. Salah satunya melalui website DPMPTSP Kota Sukabumi. Kepada calon investor, ujar Sufiani, Kota Sukabumi selalu membuka diri untuk berbagai tujuan imvestasi.

“Kota Sukabumi hanya bisa menerima investasi industri nonpolutan dan sektor industri pengolahan berskala kecil dan menengah. Sehingga investasi di Kota Sukabumi didominasi oleh sektor jasa dan perdagangan,” jelas dia. (*)