BJI Gelar Ngopi Jawara ‘Menjaga Pancasila’ Melawan Buzzer

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Kebangkitan Jawara dan Pengacara Indonesia (BJI) Sukabumi Raya menggelar talkshow lewat fasilitas virtual Zoom dengan tema ‘Merawat Persatuan, Menjaga dan Mengawal Pancasila yang Sebenarnya’, Sabtu (20/2/2021). Kegiatan tersebut mengambil tempat di Sekretariat BJI Sukabumi Raya, Jalan Cikiray Kota Sukabumi.

Diskusi dikemas dalam format Ngopi Jawara (Ngobrol Pintar Inspiratif). Narasumber yang dihadirkan Anggota Fraksi PKS DPR RI, drh. Slamet. Diskusi berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Salah satu pokok bahasan diskusi menyangkut keberadaan buzzer yang sering kena cap sebagai provokator media sosial.

“Acara Ngopi Jawara ini untuk merespon berbagai isu nasional, khususnya terkait degradasi moral di kalangan sebagian pengelola negeri ini,” kata Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, H. Budhy Lesmana, S.Ag., M.Si. yang bertindak selaku host dari diskusi tersebut.

Degradasi moral anak negeri, lanjut Budhy,  antara lain diwarnai dengan adanya buzzer-buzzer bayaran yang tingkah laku dan keberadaannya mengangkangi nilai-nilai Pancasila. Ironisnya, kata dia, para buzzer itu mengklaim dirinya paling Pancasilais dan menjudge klompok yang bertentangan dengan mereka sebagai anti-Pancasila.

“Nilai-nilai Pancasila diabaikan dan dikangkangi oleh kelompok buzzer. Pancasila tidak dijadikan sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara oleh para buzzer. Pancasila hanya sebagai bahan retorika,” tutur dia.

Puncak dari tindakan untuk mengangkangi Pancasila terjadi ketika muncul rencana masif dari DPR RI yang akan mengubah Dasar Negara melalui pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila.

“Kami mengundang narasumber dari kalangan orang dalam DPR RI pada acara Ngopi Jawara ini. Kita ingin tahu pendapat beliau tentang perjalanan dan dinamika pembahasan RUU tersebut,” ujarnya.

Untuk dapat mengikuti Ngopi Jawara, masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi Zoom dengan ID: 9182541679 dan passcode: B712021. (*)