Dilaporkan BJI ke Walikota, SPBU Mini IndoMobil Disidak

oleh -
Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, H. Budhy Lesmana (kedua dari kiri) ketika menyampaikan laporan hasil investigasi yang dilakukannya terkait SPBU Mini kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (ketiga dari kiri).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Perjuangan Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara Indonesia (BJI) Presidium Sukabumi Raya dalam upaya menegakkan aturan  bisnis di Sukabumi mulai membuahkan hasil.

Berkat investigasi yang hasilnya dilaporkan ke Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, BJI sukses mendorong Satpol PP Kota Sukabumi untuk menggelar sidak ke SPBU Mini milik Exxon Mobil/Indomobil. BJI menemukan fakta, keberadaan SPBU mini tersebut tidak didukung oleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Berdasarkan hasil investigasi, kami menduga kegiatan usaha SPBU mini tersebut ilegal karena tidak memiliki IMB. Fakta ini yang harus diperiksa oleh pemda,” kata Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, H. Budhy Lesmana kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Sebagai ormas yang giat dalam melakukan kegiatan amar maruf nahyi munkar, ujar Budhy, BJI menaruh kepedulian terhadap penegakan izin usaha. Bagaimanapun, kata BG –sapaan akrab Budhy- semua jenis usaha harus memiliki legalitas. Apalagi, SPBU Mini Indomobil terafiliasi bisnisnya ke perusahaan raksasa sekaliber Exxon Mobil.

“IMB itu wajib untuk tempat usaha seperti itu,” tandasnya.

Atas temunnya itu, BG bersama jajaran pengurus BJI Presda Sukabumi Raya menyampaikan laporan terkait SPBU Indomobil kepada Wali Kota Sukabumi beberapa waktu lalu. Mereka melakukan audensi dengan pokok bahasan keberadaan SPBU mini yang kehadirannya mengancam kelangsungan usaha pedagang bensin eceran.

Dalam audensi itu, wali kota menyanggupi akan menindaklanjuti laporan dari BJI tersebut.

“Kami sangat respek pada Pak Wali Kota yang langsung merespon laporan dari kami. Langkah yang kami lakukan ini merupakan bagian dari amar maruf nahyi munkar,” tuturnya.

Pemda, tambah BG, harus melindungi  nasib pedagang eceran BBM dari kebangkrutan. Jangan sampai mereka bernasib seperti warung-warung kecil kelontongan yang terlibas oleh hadirnya mini market seperti Indomaret dan Alfamart yang merambah hingga pelosok kampung.

Atas laporan BJI, pada Rabu (17/2/2021), Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi memerintahkan jajaran terkait untuk mendatangi SPBU Mini Indo Station Mobil yang berlokasi di Selakaso, Kecamatan Cibeureum.

Perintah itu dilaksanakan oleh Tim Penegakan Perda (Gakda) Satpol PP yang mengerahkan anggotanya ke lokasi SPBU Mini. (*)