Satpol PP Sidak Pengecekan Izin SPBU Indo Station Mobil

oleh -
Satpol PP Kota Sukabumi menggelar sidak ke SPBU Indo Mobil untuk mengecek perizinan dan legalitas lainnya di tempat penjualan eceran BBM tersebut.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Menindaklanjuti laporan dari masyarakat tentang keberadaan POM Pertamini Indo Station Mobil yang berada di beberapa lokasi, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Sukabumi melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Kedatangan para penegak Perda tersebut menanyakan perihal tentang izin usaha.

“Hasil sidak yang kami lakukan, Pom Pertamini ini sudah beroperasional sejak Agustus 2020 hingga kini. Untuk IMB yang dikeluarkan dari daerah belum, namun secara persyaratan sudah masuk, baik Pertamini yang berlokasi di Kelurahan Benteng maupun di Selakaso, Kelurahan Babakan,” kata Kabid Gakda (Penegakan Perda) pada Satpol-PP dan Damkar Kota Sukabumi, Sudrajat ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, Kamis (18/2/2021).

Sudrajat menjelaskan bahwa keberadaan izin IMB untuk dua lokasi Pertamini dari Pemkot Sukabumi belum keluar, setelah melakukan Sidak, Sudrajat beserta jajaran langsung berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu (DPMPTSP).

“Menurut Dinas Perijinan, karena sekarang pengurusan izin Secara elektronik atau Online Single Submission (OSS), mereka sudah memiliki izin tersebut karena dari pusat,”terangnya.

Namun Sudrajat mengatakan saat Sidak, para pekerja atau pengelola Pom Pertamini tidak bisa menunjukkan surat-surat tentang perizinan, alasan mereka penanggung jawab Pom Pertamini Indo Station Mobil tinggal di daerah Tanggerang.

Hanya ada 2 orang karyawan, yang berkerja mengelola Pom Pertamini. Hal itu yang membuat kesulitan jajaran Satpol-PP untuk menanyakan lebih jelas tentang perizinan.

“Keterangan karyawan, penanggung jawab dari Tanggerang, tiga hari sekali mengambil setoran ke daerah. Kami sudah koordinasi juga dengan Diskopdagrin,”ucapnya.

Hasil koordinasi dengan Diskopdagrin, Pom Pertamini sudah ada kerjasama dengan Pemerintah Pusat melalui Pertamina. Untuk pengecekan Tera sudah dilaksanakan oleh pihak Diskopdagrin Bidang Tera. (*)