Pemohon KIA pada 2020 Melebihi Target Nasional

oleh -
Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di wilayah Kota Sukabumi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) selama 2020 sudah mencetak sebanyak 31.461 atau sudah mencapai 35 persen, nilai tersebut sudah melebihi target yang ditetapkan nasional sebesar 20 persen.

“Insya Allah target di tahun ini secara nasional di angka 40 persen, kita pasti bisa melebihi target kembali, karena pembuatan KIA masih bekerjasama dengan pihak sekolah-sekolah,”kata Kadisdukcapil Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi ketika berkunjung ke kantor PWI Kota Sukabumi, Rabu (17/2/2021).

Selain kerjasama dengan pihak sekolah, untuk pembuatan KIA, masyarakat juga bisa langsung mengurus hal tersebut baik datang langsung ke Dinas maupun melalui layanan aplikasi online milik Disdukcapil. Pembuatan KIA usia dari 0 bulan sampai 5 tahun, tidak perlu menggunakan photo, berbeda anak usia 5 tahun hingga 17 tahun kurang 1 hari harus melampirkan photo.

“Masyarakat yang mau membuat KIA, cukup membawa kartu Keluarga, akta kelahiran dan pas photo untuk usia anak di atas 5 tahun,”terangnya.

Untuk layanan dokumentasi kependudukan dan catatan sipil, masyarakat masih diarahkan melalui aplikasi online, masyarakat yang datang ke dinas hanya untuk perekeman KTP dan pengambilan dokumen yang diusulkan melalui aplikasi tersebut.

“Selain untuk KTP elektronik dan KIA, pengajuan pembuatan Kartu Keluarga dokumennya dikirim melalui email berbentuk pdf, nanti kami akan hubungi via telepon juga,”ujar Kardina.

Sedangkan program andalan milik Disdukcapil yakni Jemput bola pelayanan (Jempol) di masa Pandemi Covid-19, hanya dibuka ketika ada libur panjang atau libur di hari kerja. “Jempol sekarang tidak kemana-mana hanya di dinas apabila ada libur panjang. Karena masih kondisi pandemi Covid-19,”ungkapnya. (*)