Menunggu Pelantikan, Marwan Serahkan Jabatan kepada Pj. Sekda

oleh -
Bupati Sukabumi periode 2016-2021, H. Marwan Hamami (kiri) menandatangani berita acara serah terima jabatan kepada Plh Bupati Sukabumi Zainul S.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Pasangan Bupati-Wakil Bupati Sukabumi periode 2016-2021, H. Marwan Hamami dan H. Adjo Sardjono mengakhiri masa jabatannya pada Rabu (17/2/2021). Guna mencegah kekosongan jabatan,  jabatan bupati dipegang sementara oleh Pj. Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul S sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

Sementara Marwan selaku bupati terpilih pada Pilkada 2020 dan wakil bupati terpilih H. Iyos Somantri masih menunggu pelantikan oleh Gubernur Jabar.  

Serah terima jabatan Bupati Sukabumi dilangsungkan di Pendopo Sukabumi pada harsi terakhir masa jabatan Marwan-Adjo. Berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 04/KU.12.01/PEM.OTDA, semua kepala daerah yang telah habis masa jabatannya digantikan sementara oleh Pelaksana Harian Bupati/Wali Kota sampai dilantiknya bupati/wali kota hasil Pilkada tahun 2020.

Prosesi serah terima jabatan Bupati Sukabumi dari H. Marwan Hamami kepada Zainul S dilaksanakan  dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam pidato perpisahannya, Marwan Hamami mengatakan, selama menjabat pada periode 2016-2021, dia bersama H. Adjo Sardjono banyak dibantu oleh seluruh jajaran perangkat daerah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda, Perangkat Daerah, dan semua pihak yang turut serta membangun Kabupaten Sukabumi,” ujar Marwan.

Kemajuan Kabupaten Sukabumi harus terus dilanjutkan, ujar dia. Jangan sampai, pembangunan yang telah berjalan terhenti di tengah jalan.

“Mari lanjutkan kebaikan yang selama ini telah diperbuat. Mumpung kita masih diberikan kesempatan untuk mengabdi demi Kabupaten Sukabumi yang lebih baik,” ucapnya.

Marwan yakin di bawah kepemimpinan Zainul sebagai Plh. Bupati Sukabumi akan ada berbagai perubahan dari langkah strategis. Dia percaya Zainul akan membuat terobosan dan inovasi yang dapat mempercepat penanganan berbagai permasalahan pembangunan, termasuk penanganan pandemi Covid-19.

“Saya berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah agar tetap menjaga sinergitas dan kondusivitas, baik di lingkup internal maupun eksternal,” ujar Marwan.

Di tempat yang sama Plh. Bupati Sukabumi Zainul S mengatakan, dia akan menjalankan amanah yang diembannya dengan sebaik mungkin. Zainul akan bekerja dengan sungguh-sungguh sampai adanya kepala daerah definitif.

“Selama menjabat, saya mohon doa, dukungan, dan saran agar bisa menjalankan amanah ini sebaik-baiknya,” kata Zainul.

Terkait program, Zainul menyatakan akan melanjutkan program yang telah dijalankan. Sehingga Kepala Daerah yang baru tidak akan mengalami hambatan ketika melanjutkan kepemimpinan di Kabupaten Sukabumi.

Dirinya menekankan, kepemimpinan H. Marwan Hamami dan H. Adjo Sardjono telah meletakkan fondasi yang kokoh bagi kelanjutan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Berbagai terobosan telah dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat Kabupaten Sukabumi. (*)