Terima Aspirasi Tidak Hanya di Masa Reses

oleh -
Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi, Ivan Rusvansyah (kiri) bersama salah seorang warga yang menyampaikan aspirasi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Bagi Ivan Rusvansyah angggota DPRD Kota Sukabumi dari Fraksi Golkar, menampung aspirasi masyarakat bukan hanya di masa reses, hampir setiap pekan dirinya sering di datangi oleh masyarakat bukan hanya dapil I (Kecamatan Cikole dan Citamiang) wilayahnya, akan tetapi dari dapil lain.

“Reses ini hanya resminya saja, karena dewan diluar masa sidang harus melaksanakan reses. Berbicara tentang aspirasi, hampir setiap minggu, banyak masyarakat yang datang ke tempat saya,”kata Ivan ketika ditemui di rumahnya, Jalan Ciaul Pasir, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Selasa Sore (16/2/2021).

Beragam aspirasi telah ditampung olehnya, untuk ditindaklanjuti mulai dari aspirasi UMKM tentang dana bantuan dari Pemerintah dimana sebagian UMKM tidak mendapatkan bantuan tersebut, ada kecemburuan sosial dari para UMKM yang tidak mendapat bantuan, disisi lain ada penerima bantuan yang dinilai kurang layak.

Ivan berharap ada program bantuan lainnya yang bisa membantu para UMKM untuk permodalan usaha mereka, dirinya hanya mengingatkan kepada masyarakat bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT.

“Saya hanya bisa menjawab, bahwa yang menentukan dari Kementerian langsung, kita hanya mengajukan. Memang banyak persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut, yang ditentukan oleh Kementerian,”ujarnya.

Dalam reses yang dijalankan Ivan, dia menyerap aspirasi masyarakat di tiga Lokasi, mulai dari Kelurahan Cisarua, Subang Jaya dan Kebon jati. Ivan yang menjabat ketua Komisi II kepada masyarakat terus mengingatkan masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, karena Virus Covid-19 belum berakhir, masyarakat diminta disiplin menjalankan Prokes.

“Untuk Protokol Kesehatan saya terus ingatkan ke masyarakat, agar terhindar dari Virus Covid-19. Pada intinya jangan menciptakan kerumunan, dan harus terus menjaga Imunitas Tubuh,”ucapnya.

Berbagai aspirasi yang diterimanya di reses sebagian tentang kerusakan  sarana dan prasarana yang berasal dari bencana, seperti longsor, banjir dan pohon tumbang yang belum di perbaiki.

“Alhamdulillah keluhan masyarakat terhadap bencana tersebut sudah terdata dan masuk di Musrenbang mulai di tingkat Kecamatan Cikole masuk ke Musrenbang tingkat Kota,”bebernya.

Sedangkan untuk keluhan masyarakat  sudah tidak adalagi Jamkesda, adanya Bankesos yang harus bayar setengah, hal itu menjadi dorongan Ivan untuk menyampaikan ke komisi III dan berkoordinasi dengan RSUD Syamsuddin, apabila ada warga yang membutuhkan pertolongan masuk Rumah sakit, dirinya membantu khusus masyarakat yang tidak mampu.

“Walau saya di Komisi II dan ranah kerja ada di Komisi lain, saya tampung dan untuk di koordinasikan dengan komisi lainnya,”ungkapnya. (*)