Bupati Mendorong Perumda AM Dikelola dengan Manajer yang Handal

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan, tengah) ketika menyampaikan arahan kepada para peserta Diklat Tingkat Muda Perumda AM dari Sukabumi dan Cianjur.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mendorong Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) harus dikelola dengan sistem manajerial yang handal. Tujuannya agar pengelolaan perusahaan air minum tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Pernyataan bupati itu disampaikan ketika meresmikan Diklat Tingkat Muda pegawai Perumda AM di Hotel Pangrango, Selasa (16/2/2021). Bupati mengatakan, tantangan yang dihadapi Perumda AM ke depannya akan semakin berat. Karena itu perusahaan milik pemda tersebut harus memiliki manajer dan tenaga teknis yang handal.  

Pelatihan diikuti 28 pegawai Perumda AM dari Sukabumi dan Cianjur. Kegiatan diklat diinisiasi oleh Perumda AM Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi.

Para peserta  merupakan pegawai setingkat manajer, kabag, kacab, kasi, kaur, dan teknisi. Sebanyak 15 pegawai dari Kabupaten Sukabumi, 3 pegawai dari Kota Sukabumi, dan 10 pegawai dari Cianjur.

“Diklat ini bisa dijadikan tempat berbagi pengalaman terkait pengelolaan air minum di setiap daerah. Bila mengalami kesulitan dalam mengikuti diklat, para peserta memiliki kesempatan yang cukup luas untuk bertanya,” ujar bupati. 

Hasil diklat ini, menurut H.Marwan harus diterapkan di tempat kerja masing masing. Para peserta mesti dapat mengembangkan berbagai inovasi teknologi terbaik untuk diterapkan di tempat kerja masing masing.

Ddiklat diselenggarakan selama enam hari dari 15 sampai dengan 20 Februari 2021. Dalam diklat ini, penyelenggara melibatkan lembaga sertifikasi profesi air minum Indonesia. Sehingga, setiap peserta yang lulus ujian akan langsung mendapatkan sertifikat. (*)