Lapas Nyomplong Kembali Gagalkan Penyelundupan Sabu-sabu

oleh -
Para pengedar narkotika (duduk) yang akan menyelendupkan sabu-sabu ke dalam lapas ditahan Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi Kota.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nyomplong Kota Sukabumi kembali menorehkan prestasi dengan menggagalkan penyelundupan narkotika untuk warga binaan. Sebelumnya petugas lapas menggagalkan penyeludupan sabu-sabu yang disembunyikan di dalam tempat sayuran.

Kali ini para petugas Lapas Nyomplong sukses menjegal pengiriman narkoba jenis sabu-sabu yang disamarkan di dalam makanan sale pisang.

Penyelundupan sabu-sabu di dalam sale itu dilakukan dua pengedar narkotika GG dan IB pada Senin (1/2/2021) menjelang pukul 14.00 WIB. Mereka akan memberikan barang haram tersebut kepada AG yang sedang menjalani hukuman di dalam lapas karena kasus penganiayaan. Ketiganya berumur 21 tahun.

“Kami berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam lapas. Modusnya melalui makanan untuk warga binaan,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Nyomplong Kota Sukabumi, Christo Victor Nixon Toar. 

Aksi pengedaran narkotaika itu terbongkar berkat kesigapan dan kecermatan seorang petugas Lapas Nyomplong bernama Nursakinah. Petugas ini menaruh curiga pada sale yang dibawa GG dan IB untuk AG.

Berbekal kecurigaan itu Nursakinah bersama petugas lainnya  melakukan pemeriksaan yang lebih teliti pada sale tersebut. Dari pemeriksaan itu, petugas menemukan  benda yang dibungkus aluminium foil di tengah tumpukan sale. Setelah dibuka, di dalam kemasan itu terdapat benda berbentuk kristal putih. Tak diragukan lagi, itu adalah sabu-sabu.

“Bungkusan yang ditemukan pada sale itu sebanyak tujuh paket,” jelas Christo.

Saat itu pula Christo langsung berkordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Sukabumi Kota. Pihak Lapas Nyomplong menyerahkan GG, IB, dan AG bersama barang bukti kepada polisi untuk pemeriksaan hukum lebih lanjut.

“Kami sudah berkomitmen untuk bersungguh-sungguh dalam memberantas peredaran narkoba di lingkungan lapas. Siapa pun yang mencoba akan menyelundupkan narkoba ke dalam lapas, mereka akan berhadapan dengan kami,” tandas Christo. (*)