Longsor di Sukakarya, Dinding Belakang Rumah Warga Jebol

oleh -
Longsor di Kampung Cijambe, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi mengakibatkan TPT hancur dan dinding belakang dua rumah hancur berantakan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Longsor menimpa dua rumah di Jalan Cemerlang Kampung Cijambe RT 01 RW 10 Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Kamis (28/1/2021) sekitar pukul 05.00 WIB. Akibatnya rumah tersebut jebol dinding belakangnya karena terdorong tanah yang terbawa longsor.

Berdasarkan informasi dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, sumber longsor adalah TPT (tembok penahan tanah) di pinggir anak dari Sungai Ciseureuh.

Pada longsor itu, gerakan tanah terjadi pada kedua sisi TPT. Tenaga longsor juga merusak fondasi dari dinding rumah sehingga dindingnya runtuh. Setelah longsor, dinding belakang kedua rumah tersebut hancur berantakan.   

Dua rumah tersebut milik Oleh Priatna dan satu lagi rumah yang digunakan untuk Kantor PNM Mekar. Jumlah warga yang terdampak 7 orang di rumah Oleh dan 3 karyawan PNM Mekar. Tidak ada korban jiwa atau luka pada kejadian itu.

Bangunan yang terdampak terdiri dari dapur di rumah Oleh berukuran 2 x 2,5 meterpersegi, dapur di Kantor PNM Mekar berukuran 4 x 2,5 meterpersegi, dan TPT dengan panjang 13 meter lebar 3 meter.

Siang harinya tim dari BPBD Kota Sukabumi langsung meluncur ke lokasi longsor untuk melakukan pendataan dan menyerahkan bantuan kepada para korban longsor.

Selain itu BPBD juga melakukan penyisiran dan pengecekan lokasi, penanganan saluran air, pendataan di rumah korban, dan membereskan puing-puing bangunan yang berserakan di lokasi longsor. Para petugas menyingkirkan puing-puing beton dari saluran air karena menghalangi aliran air. (*)