Bupati Apresiasi Program Renovasi 81 RTLH di Desa Cidahu

oleh -
Penyerahan kunci rumah dari program renovasi RTLH oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) kepada penerima bantuan.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengapresiasi pelaksanaan program renovasi 81 rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Dia memuji di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, tim pelaksana bisa menyelesaikan renovasi RTLH tersebut tepat waktu.

Pernyataan bupati itu disampaikan pada acara serah terima kunci rumah program renovasi 81 RTLH bertempat di aula Desa Cidahu, Kamis (21/1/2021). Rumah yang diserahterimakan kuncinya terdiri dari 50 unit dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR, 30 unit dari bantuan provinsi, dan 1 unit dari program renovasi RTLH Baznas Kabupaten Sukabumi.

“Pembangunan rumah ini berjalan lancar walaupun di tengah kseulitan Covid-19. Program renovasi RTLH ini dapat diselesaikan berkat adanya gotong royong dan peran serta masyarakat secara swadaya,” kata bupati pada acara serah terima kunci rumah.  

Kunci rumah diserahkan secara simbolis oleh bupati kepada perwakilan KPM tiga (Keluarga Penerima Manfaat) yang mewakili program masing-masing. Para penerima semuanya berasal dari Desa Cidahu yaitu Dewi, warga Kedusunan Cipanengah dari program BSPS, Ence warga Kedusunan Jogjogan  dari program Baznas, dan Ijah warga Kedusunan Jabon Manglid dari program provinsi.

Pada acara itu, bupati juga menyerahkan bantuan  51 Alquran  kepada Pemdes Cidahu, Pemdes Girijaya, dan Pemdes Jayabakti. 

“Program renovasi RTLH harus mendorong meningkatnya budaya gotong royong, partisipasi masyarakat, dan kepedulian terhadap sesama. Program ini memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan,” kata bupati.

Supaya berhasil lebih optimal, ujar dia, program renovasi RTLH membutuhkan dukungan semua kalangan masyarakat melalui gotong royong dan dalam pengerjaanya  selalu  memperhatikan prinsip 3T yaitu tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran. 

Kepada para kepala desa, bupati menyampaikan, mereka harus memanfaatkan potensi di desanya untuk merealisasikan program one village one product sebagai program pembangunan berkelanjutan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.  

Serah terima kunci rumah tersebut dirangkaikan dengan penutupan KKN mahasiswa STAI Al-Andina Sukabumi. Pada kesempatan itu bupati menerima hasil karya UMKM Riset Cidahu serta cenderamata dari mahasiswa STAI Al-Andina Sukabumi.

Di tempat kegiatan tampak hadir Kepala Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma, dan Camat Cidahu Erry Erstanto. (*)