Fahmi Pastikan, Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Sukabumi Lusa

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan rencana vaksinasi di Kota Sukabumi saat menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti kejahatan di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, alokasi dosis Vaksin Covid-19 untuk Kota Sukabumi dipastikan tiba di Kota Sukabumi sekitar lusa atau Jumat nanti. Setelah vaksinnya tiba, wali kota dan jajaran terkait akan langsung melakukan pembahasan teknis pendistribusian vaksin dan pelaksanaan vaksinasi. 

“Rencananya Vaksin Covid-19 akan tiba di Kota Sukabumi pada tanggal 22 Januari 2021. Mengenai teknis pelaksanaan vaksinasinya akan dibahas nanti setelah vaksin datang,” kata wali kota di tengah kegiatan pemusnahan barang bukti kejahatan di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Rabu (20/1/2021).

Pemkot Sukabumi, ujar Fahmi, telah menyiapkan peralatan pendukung untuk vaksinasi. Dilihat dari ketersediaan peralatan, Kota Sukabumi sudah siap melaksanakan Vaksinasi Covid-19.

“Kami jamin peralatan telah siap, pelaksanaan vaksinasi tinggal menunggu vaksinnya,” ujar Fahmi.  

Di tempat terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana mengatakan, jumlah vaksin yang dikirim dari Jakarta pada gelombang pertama dikhususkan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Alokasi vaksin tahap pertama sebanyak 4.039 dosis. Sementara jumlah nakes yang telah terdaftar akan mengikuti vaksinasi sekitar 4.030 orang. Menurut Wahyu, jumlah nakes tersebut bisa bertambah sejalan dengan adanya penambahan klinik dan fasilitas layanan kesehatan lainnya di Kota Sukabumi.

“Para calon peserta vaksinasi harus memenuhi kriteria melalui screening dengan 16 pertanyaan. Mereka yang tidak memenuhi kriteria, penyuntikan vaksinnya akan ditunda,” kata Wahyu. (*)