Satgas Bestari Ancam Pembuang Sampah Sembarangan dengan Pasal Pidana

oleh -
Anggota Satgas Bestari memberikan pengarahan kepada warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Guna menegakkan dan mengamankan Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 81 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Kebersihan Melalui Gerakan Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri (BESTARI), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi menggelar operasi yustisi di Jalan Jalur Sukaraja, Selasa (19/1/2021).

Pada operasi itu, Tim Satgas Bestari DLH memergoki beberapa warga yang membuang sampah ke sembarang tempat. Jelas itu melanggar Perbup 81/2019. Kepada warga yang berperilaku seperti itu, Satgas Bestari memberikan pembinaan dan pengarahan serta edukasi tentang tata cara membuang sampah yang baik dan benar.

Sementara ini Satgas Bestari yang dikukung oleh unsur DLH, Satpol PP, dan aparat Kantor Kecamatan Sukaraja belum menjatuhkan sanksi denda atau sanksi hukuman penjara. Tim hanya menyampaikan kepada warga bahwa pembuang sampah sembarangan bisa dikenai sanksi denda atau hukuman pidana.

“Operasi yustisi ini bertujuan untuk mengedukasi dan menegakkan disiplin dalam pengelolaan sampah. Hal ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman,” kata Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Sukabumi, H. Denis Eriska, S.P., M.Si. ketika ditemui di tempat operasi. 

Selanjutnya setelah memberikan pengarahan, Satgas meminta pembuang sampah yang melanggar aturan itu untuk menandatangani surat pernyataan di atas  materai yang isinya berjanji tidak akan membuang sampah sembarangan di luar TPSS yang telah ditentukan atau  disediakan.

Mereka juga menyatakan kesiapan untuk menerima sanksi pidana atau denda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Mudah-mudahan operasi yustisi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada TPSS yang sudah disediakan, mereka tidak lagi membuang sampah secara sembarangan,” kata Denis. 

Masyarakat, ujar dia, bisa memanfaatkan jaringan pelayanan pembuangan dan pengangkutan sampah yang disediakan oleh DLH Kabupaten Sukabumi. Selama ini masih ada warga yang membuang sampah sembarangan walaupun tempat tinggalnya telah terjangkau oleh jaringan pelayanan pengelolaan sampah. (*)