Operasi PPKM, Polsek Cikembar Jatuhkan 150 Sanksi

oleh -
Tim gabungan operasi PPKM oleh Polsek Cikembar menjaring pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker pada Operasi PPKM.

Wartawan Agus Setiawan  

Editor Wawan AS

Operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang digelar Polsek Cikembar, Polres Sukabumi menjatuhkan sanksi kepada 150 warga yang melanggar aturan protokol kesehatan. Para pelanggar dijatuhi teguran tertulis, sanksi fisik, dan sanksi sosial.

Pada operasi itu, petugas gabungan menjaring sepda motor yang pengendaranya tidak memakai masker. Dari 150 sanksi yang dijatuhkan, sebanyak 125 berupa teguran lisan dan 25 sanksi fisik berupa push up bagi pelanggar dari kalangan laki-laki yang kuat.

“Sasaran utama operasi adalah pengendara sepeda motor dan penumpangnya yang tidak mengenakan masker. Hal ini sejalan dengan tujuan operasi yaitu mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan 3M yaitu memakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Kapolsek Cikembar, AKP Fery Poloso, S.H. ketika memimpin operasi, Senin (18/1/2021).

Selain itu tujuan operasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jajarannya, kata AKP Fery, akan terus untuk mengamankan kebijakan PPKM dari pemerintah. 

Pelaksanaan operasi dikonsentrasikan di Jalan Raya Pelabuan II Km 15 Pasar Pangleseran, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Pada operasi ini Polsek Cikembar mendapat dukungan personel dari Polres Sukabumi, Pemkab Sukabumi, TNI, dan jajaran Polsek di beberapa wilayah.

Di tempat operasi juga tampak hadir Danramil Cikembar Kapten Arm Uci Sanusi, Kanit Reskrim Polsek Cikembar Iptu Deni Miharja, S.H., M.H., dan Panit Sabhara Polsek Cikembar Iptu Bayu Sunarti A, S.E.

“Disiplin masyarakat terhadap 3M dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelas Kapolsek.

Personel yang terlibat berasal dari berbagai unsur yang terdiri dari Polsek Cikembar 4 orang, Satuan Lantas Polres Sukabumi sebanyak 1 personel, Koramil Cikembar  4 personel, Dinas Perhubungan sebanyak 8 orang, Satpol PP 7 orang, dan BPBD Kabupaten Sukabumi sebanyak 2 orang.

Selain itu ada bantuan personel masing-masing 1 orang dari berbagai Polsek yaitu Polsek Warungkiara, Polsek Jampangtengah, Polsek Lengkong, Polsek Nyalindung, Polsek Purabaya, Polsek Gegerbitung, dan Polsek Purabaya. Total semuanya 33 personel.

Sebelum operasi, semua personel yang dilibatkan dalam operasi mengikuti apel persiapan yang dipimpin oleh AKP Fery di depan ruko Pasar Pangleseran. (*)