Menjelang Pelaksanaan Anggaran 2021, Camat Jampangkulon Gelar Pembinaan di Desa Padajaya

oleh -
Pembinaan aparatur desa oleh jajaran Kantor Kecamatan Jampangkulon di Desa Padajaya, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Menjelang penggunaan dan pelaksanaan anggaran tahun 2021, Kantor Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi menggelar pembinaan di Desa Padajaya, Kamis (14/1/2021). Pembinaan tersebut diikuti seluruh aparatur di Desa Padajaya.  

Dalam arahannya, Camat Jampangkulon Drs. Yayan Mulya Suryana menyampaikan, pembinaan yang digelarnya merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pasal 154 ayat 1 pada PP itu menyebutkan, camat atau sebutan lain yang setingkat harus melaksanakan pembinaan dan pengawasan desa antara lain dengan memberikan fasilitasi administrasi tata pemerintahan desa dan fasilitasi pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desa.

 “Sehubungan dengan hal tersebut, tim pembinaan aparatur desa yang diketuai oleh Kasi Sarpras Kecamatan Jampangkulon bersama para kasi turun ke bawah atau turba untuk melaksanakan pembinaan di desa-desa, termasuk di Desa Padajaya ini,” kata Yayan.

Camat berharap kepada segenap aparatur desa untuk betul-betul mampu melaksanakan segala tanggung jawabnya sebagai perangkat desa. Terlebih, ujar dia,  pemerintah pusat telah memberikan perhatian lebih pada kesejahteraan aparatur desa dengan adanya kenaikan penghasilan tetap mereka.

Tim dari kantor kecamatan memberikan arahan kepada aparatur desa yang difokuskan pada tugas pokok dan fungsi perangkat desa sesuai dengan jabatan di dalam struktur pemerintahan desa.

Para tutor juga mendorong aparatur desa untuk lebih responsif terhadap segala permasalahan yang muncul di masyarakat, terutama menyangkut pelayanan publik. (*)