Badan Usaha Desa Caringin Wetan Salurkan Air Bersih ke 100 Rumah

oleh -
Kepala Desa Caringin Wetan, Dedi Suhendar.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dikelola masyarakat Desa Caringin Wetan sukses menggelontorkan air bersih kepada 100 rumah. Pengelolaan air bersih dari program Pamsimas untuk 100 sambungan dilakukan oleh badan usaha desa.

“Badan usaha desa ini bergerak di bidang pengelolaan air bersih untuk segmen rumah tangga. Tugasnya mengelola distribusi air bersih untuk Dusun Kongsi dan Dusun Tugu,” kata Kepala Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Dedi Suhendar kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Badan usaha desa itu dikelola oleh masyarakat lokal yang tinggal di sekitar lokasi tangki raksasa yang dibangun dengan dana Pamsimas dan swadaya masyarakat. Tugas pengelola adalah memelihara dan menjaga tanki raksasa dan mengelola pendistribusian air bersih.  

Untuk mengefektifkan pengelolaan air bersih tersebut, Pemdes Caringin Wetan menyalurkan dana sebesar Rp33 juta yang bersumber dari Alokasi Dana Desa Tahun 2020. Dana ini digunakan antara lain untuk membangun 100 sambungan air bersih.  

Guna menunjang operasional, badan usaha pengelola air bersih membebankan biaya pokok dan biaya pemakaian air kepada para pelanggannya. Biaya pokok ditetapkan sebesar Rp5 ribu.

Sementara untuk biaya pemakaian besarnya Rp2 ribu untuk penggunaan air dari 0 sampai dengan 10 kubik, Rp3 ribu untuk 10 hingga 20 kubik, dan juga Rp3 ribu untuk pemakaian di atas 20 kubik. Biaya ini lazim disebut iuran.

“Pembayaran iuran dilakukan setiap tanggal 20 pada setiap bulannya. Untuk menunjang kelancaran tugasnya, para petugas lapangan dibekali surat agar warga tidak mempertanyakan kehadiran mereka,” jelas Dedi. (*)