Pemda akan Kembangkan Destinasi Wisata di Jembatan Cibuni

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kedua dari kanan) bersama Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif dalam peninjauan ke Jembatan Cibuni didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar (kedua dari kanan).

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Guna mengoptimalkan fungsi Jembatan Cibuni, Pemkab Sukabumi akan mengembangkan destinasi wisata di sekitar infrastruktur perhubungan  tersebut. Di sekitar jembatan yang menghubungkan Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur itu terdapat potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat meninjau Jembatan Cibuni bersama Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif, Selasa (12/1/2021). Salah satu potensi wisata yang dapat dikembangkan di sekitar Jembatan Cibuni adalah sumber air panas. Selain itu, ada bentangan jembatan lama  yang tampilannya eksotik dan menarik.

“Rencana ke depan, di sekitar Jembatan Cibuni juga akan dibangun tempat wisata dengan memanfaatkan potensi di tempat ini. Ada salah satu tempat yang memiliki air panas yang nanti bisa dimanfaatkan,” kata bupati.

Bisa juga di sekitarnya dibangun tempat sejenis rest area yang dapat dikunjungi warga Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, ujar Marwan. Dengan adanya objek wisata, fungsi Jembatan Cibuni dapat dioptimalkan untuk meningkatkan taraf  hidup masyarakat di sekitar Cidadap.

“Mudah mudahan pelosok Sukabumi  dengan adanya akses  jalan dan jembatan ditambah dengan destinasi wisata dapat terdorong peningkatan taraf  hidup masyarakatnya,” ujar dia.

Mengenai penggunaannya, Jembatan Cibuni harus menjalani evaluasi  dan pemeriksaan teknis kelaikan. Setelah itu baru dibuka dan diresmikan agar bisa digunakan oleh masyarakat.   

“Kalau pemeriksaan telah selesai, kami akan meminta izin dari Pemprov Jabar untuk uji coba pemanfaatan jembatan oleh masyarakat,” kata Marwan. 

Secara teknis, lanjut bupati, terdapat beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam satu minggu ini. Setelah itu dipertimbangkan peresmian penggunaan Jembatan Cibuni. Nantinya dikaitkan pula dengan hasil evaluasi PPKM (Pelaksanaan Pembatasasn Kegiatan Masyarakat) agar peresmian jembatan tidak memicu penyabaran Covid-19. (*)