Pemkot Sukabumi Siapkan Pembangunan 6 Kawasan Pedestrian

oleh -
Persiapan akhir menjelang peresmian kawasan pedestrian di Jalan Ir. H. Juanda Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Setelah menyelesaikan pembangunan kawasan pedestrian atau jalur untuk pejalan kaki di sisi timur Jalan Ir. H. Juanda atau Jalan Dago, Pemkot Sukabumi telah menyiapkan program pembangunan infrastruktur yang sama di enam ruas jalan utama. Dalam waktu dekat program pembangunan kawasan pedestrian itu akan dieksekusi satu per satu atau sekaligus secara bersamaan. 

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pembangunan pada Dinas PUPR Kota Sukabumi, Lutfi Alif kepada wartawan, Senin (11/1/2021). Pengembangan kawasan pedestrian tersebut, ujar Lutfi, dilaksanakan bersamaan dengan program pembangunan infrastruktur lainnya.  

Rencananya pembangunan kawasan pedestrian mengambil lokasi di ruas-ruas Jalan R. Syamsudin, SH, Jalan Suryakencana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ciwangi, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Siliwangi. Tujuan pembangunan kawasan pejalan kaki itu adalah untuk mendukung penataan kota dan meningkatkan indeks kebahagiaan warga.

“Pembangunan kawasan pedestrian ini membutuhkan anggaran sekitar 30 miliar rupiah. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kenyamanan warga,” kata Lutfi.

Jadwal pelaksanaan pembangunan kawasan pedestrian tersebut kemungkinan besar sebelum pertengahan tahun 2021. Kapastiannya, ujar dia, masih menunggu keputusan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kehadiran kawasan pedestrian di Kota Sukabumi mendapat sambutan dari warga Kota Sukabumi. Warga menyambut dengan antusias peresmian jalur pedestrian di Jalan Dago. Mereka memanfaatkan fasilitas publik ini untuk rekreasi ringan sambil menikmati keindahan di sekitar kawasan pedestrian.

Pada bagian lain Lutfi menyampaikan, tahun lalu Pemkot Sukabumi sukses memperbaiki 20 ruas jalan. Rencananya tahun ini, program pembangunan infrastruktur akan meningkatkan 40 ruas jalan.

Kota Sukabumi terus berbenah untuk membahagiakan warganya. (*)