Pemkab Sukabumi Luncurkan Program Pengembangan Infrastruktur di Geopark

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memberikan arahan kepada BP CPUGG dalam pertemuan untuk membahas pengembangan infrastruktur ke kawasan geopark.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Untuk menunjang kemajuan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGG), Pemkab Sukabumi menyiapkan program pengembangan infrastruktur di kawasan geopark. Keberadaan infrastruktur tersebut diyakini dapat menunjang kemajuan CPUGG di kemudian hari.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada pertemuan dengan Badan Pengelola CPUGG di Pendopo Sukabumi, Senin (11/1/2021). Salah satu kawasan di geopark yang telah dipersiapkan infrastrukturnya, khususnya jalan adalah Kasepuhan Ciptagelar.

“Pemkab Sukabumi akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan ke Ciptagelar. Ketika pengerjaan jalan ini telah selesai, perjalanan dari Palabuhanratu ke Ciptagelar hanya butuh waktu 30 menit,” kata bupati. 

Pada kesempatan itu, bupati mengaku bersyukur atas terpenuhinya rekomendasi dari UNESCO oleh BP CPUGG. Pencapaian ini, kata dia, bisa dioptimalkan, apalagi adanya dukungan dari masyarakat terhadap keberadaan CPUGG.

“Potensi yang dimiliki sudah kita dorong untuk menjadi faktor penunjang penilaian. Salah satunya kultur budaya di Ciptagelar,” ujar Marwan.

Dukungan juga datang dari Pemprov Jawa Barat, ucapnya. Provinsi mulai melirik potensi lain di kawasan CPUGG. Karena itu geopark bisa menjadi ikon pariwisata di wilayah Jabar Selatan. 

Marwan mendorong perangkat daerah terkait bisa bersinergi untuk pengembangan . CPUGG.  Sebisa mungkin, kata dia, masyarakat bisa diarahkan untuk menggali potensi ekonomi mereka dengan pengelolaan geopark. Pengembangan CPUGG harus memberikan nilai plus untuk kesejahteraan masyarakat. (*)