Kepala SMKN Palabuhanratu Resmikan Taruna dan Taruni 2020/2021

oleh -
Kepala SMK Negeri Palabuhanratu, Cece Supriadi, S.Pd., M.T. menyematkan tanda kelas dan jurusan kepada taruni baru tahun pelajaran 2020/2021.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Kepala SMK Negeri Palabuhanratu, Cece Supriadi, S.Pd., M.T. melantik 92 siswa taruna dan taruni tahun pelajaran 2020/2021 di lapangan upacara SMK Negeri Palabuhanratu, Senin (11/1/2021). Pelantikan siswa baru digelar dengan cara yang unik dan khidmat.

Kegiatan diawali dengan prosesi pengibaran 4 buah bendera panji-panji sekolah berupa 4 bendera  jurusan. Setelah itu dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada taruna dan taruni terbaik oleh kepala sekolah. Cece juga menyematkan emblem dan tanda siswa SMKN Palabuhanratu.

Dalam sambutannya Cece mengucapkan selamat datang kepada taruna dan taruni SMK Negeri Palabuhanratu yang sudah resmi menyandang status siswa dan siswi. Dia berpesan  kepada siswa baru agar selalu mematuhi semua aturan sekolah.

“Saya harapkan para siswa dan siswi baru untuk selalu berbuat baik dan memberikan contoh yang terbaik di lingkungan sekolah. Selain itu, para siswa dan siswi harus patuh dan taat terhadap orang tua terlebih jangan berani meninggalkan perintah Allah SWT dan selalu menjauhi larangan-Nya,” kata Cece.  

Saat ini, SMKN Palabuhanratu menyelenggarakan KBM dengan sistem pembelajaran jarak jauh sesuai dengan Surat Edaran Bupati.Sukabumi Nomor 421/111/Disdik. Para siswa mengikuti pembelajaran secara daring melalui internet.

Wakil Kepala Sekolah Bidang  Kesiswaan, Sanpriansyah, S. Pd. menjelaskan, sebelum pelantikan, para taruna dan taruni harus menempuh latihan dasar pendidikan (Latsardik) yang dilaksanakan sejak awal bulan November lalu.

Selama Latsardik, mereka dibekali latihan fisik dan ditempa secara mental. Setelah melewati latihan fisik dan mental tersebut, sebanyak 92 orang dinyatakan lulus dan 8 orang gagal.

SMKN Palabuhanratu menyelenggarakan 4 jurusan yaitu Nautika Kapal Penangkapan Ikan, Teknikal Kapal Penangkapan Ikan, Nautika Kapal Niaga, dan Agribisnis Pengelolaan Hasil Ikan.  

“Alhamdulillah alumni SMK Negeri Palabuhanratu dapat diserap di industri  perkapalan dan perikanan. Sebagian menjadi anggota TNI dan Polri,” kata Sanpriansyah. (*)