Bupati Instruksikan Dinkes Menjamin Vaksinasi Aman dan Lancar

oleh -
Jajaran Muspida Kabupaten Sukabumi dipimpin Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri rapat koordinasi penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menjamin pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sukabumi berjalan aman dan lancar. Dinkes harus menyiapkan segala fasilitas dan kelengkapan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan vaksinasi.

Instruksi bupati itu disampaikan pada rapat koordinasi (rakor) penanganan Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi bertempat di Pelataran Pudak Arum Pendopo Sukabumi, Senin (11/1/2021).

“Dinas Kesehatan harus mempersiapkan tempat penyimpanan vaksin yang aman, petugas vaksin yang profesional,  dan sistem pendistribusian vaksin. Selain itu harus menjamin ketersediaan kelengkapan lainnya,” kata bupati.

Pada rapat itu, bupati hadir bersama jajaran Muspida Kabupaten Sukabumi. Rakor menginformasikan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sukabumi dimulai tanggal 14 Januari 2021. Bupati meminta langkah Dinkes untuk memberikan kejelasan dalam membuat timeline pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Penentuan skala prioritas harus jelas, tegas, dan tepat bagi penerimanya. 

“Rakor ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan fasilitasi untuk mempercepat dan menjamin kelancaran vaksinasi di Kabupaten Sukabumi,” kata Marwan.

Vaksinasi, lanjut dia, merupakan bagian dari penanggulangan pandemi Covid-19. Pemberian suntikan vaksin sangat penting untuk memberikan kekebalan atau imunisasi spesifik terhadap Virus Corona. 

Bupati mengharapkan pelaksanaan pelayanan vaksinasi Covid-19 dapat menjangkau seluruh target melalui jalinan kerja sama yang baik secara lintas sektoral.

“Dia mengajak dan meminta semua kalangan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui slogan “Tak kenal maka tak kebal”,” ujar bupati.

Sementara itu Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi, H. Harun Alrasid menyampaikan, pandemi Covid-19 perlu penanganan khusus yang melibatkan berbagai sektor. Selama ini pandemi Covid-19 telah  mengganggu sektor sosial, ekonomi, pariwisata, dan pendidikan.

Karena itu diperlukan intervensi yang jelas dalam pencegahan Covid-19, salah satunya dengan vaksinasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi di Seluruh Indonesia. (*)