Klub CTI Dukung Upaya Pemutusan Mata Rantai Penyebaran Covid-19

oleh -
Willy Arlan (kedua dari kanan) saat mengedukasi 3M kepada para anggota CTI Chapter Sukabumi.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Editor Iyus Firdaus PWI

Komitmen komunitas otomotif Corolla Twincam Indonesia (CTI) Chapter Sukabumi terhadap upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 tidak perlu disangsikan. Klub otomotif ini konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) pada setiap kegiatan dan acara keorganisasian.

Pada acara rapat atau pertemuan resmi, CTI Chapter Sukabumi tidak pernah lepas dari Pesan Ibu 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pengurus akan mengingatkan anggota yang tidak mengenakan masker ke tempat rapat atau kegiatan organisasi.

“Sebenarnya tidak hanya di internal, kami juga selalu menerapkan 3M ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai kalangan,” kata Ketua CTI Chapter Sukabumi, H. Willy Arlan melalui telepon seluler, Senin (10/1/2021).

CTI Chapter Sukabumi juga, ujar dia, membatasi pertemuan-pertemuan rutin mingguan atau bulanan. Kegiatan kopi darat (kopdar) yang biasanya digelar setiap akhir pekan dihilangkan sementara waktu mengingat kasus Covid-19 di Kota dan Kabupaten Sukabumi masih cukup tinggi. Mereka berkomunikasi secara intens melalui WA Grup.

“Kami kumpul kalau ada kepentingan yang mendesak seperti pernikahan anak anggota. Di tempat hajat pun, kami saling mengingatkan untuk menjalankan Pesan Ibu 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Willy.

Setiap saat, Willy dan jajaran pengurus CTI Chapter Sukabumi selalu mengingatkan anggota untuk melaksanakan 3M. Walaupun Sukabumi tidak masuk derah yang menjalankan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Willy dan kawan-kawan tetap waspada terhadap serangan Virus Corona.

“Kami selalu mengajak anggota untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19. Pertemuan dan kunjungan ke luar kota atau luar daerah,” tutur dia.  

Sebenarnya, jika menuruti hasrat, Willy dan kawan-kawan ingin menggelar kopdar dan touring ke berbagai tempat sambil menjajal mobil mereka. Namun pengurus dan anggota CTI Chapter Sukabumi bisa menahan diri, mereka lebih memilih langkah untuk melawan penyebaran Covid-19 dengan membatasi kegiatan massal dan mobile.  

“Bahkan agenda Milangkala CTI Chapter Sukabumi ke-10 yang dijadwalkan pada bulan Desember 2020 sampai saat ini belum terlaksana karena kondisi yang tidak memungkinkan. Kemungkinannya batal,” ujar Willy.

Di tengah Covid-19 yang belum juga berakhir, Willy mengajak anggota CTI Chapter Sukabumi untuk terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih, baik di rumah, di tempat kerja, maupun di lingkungan tempat beraktivitas.  

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pikiran kita harus selalu bahagia dan positif, biasakan hidup sehat dan bersih,” katanya. (*)