Bupati Tinjau Situs Purbakala di Gunungsungging

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memberikan santunan kepada anak yatim dalam kunjungan kerja ke geosite di Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga, merawat, dan melestarikan situs purbakala di lingkungannya masing-masing. Sebab situs tersebut merupakan kekayaan cagar budaya yang dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata purbakala.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi dalam kunjungan kerja ke destinasi wisata cagar budaya geosite di Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/1/2021). Menurut bupati, kehadiran objek wisata cagar budaya dapat menambah pendapatan desa dan masyarakat sekitar.

“Karena itu, masyarakat harus ikut melestarikan situs purbakala seperti terdapat di Kampung Cigintung ini. Situs purbakala dapat menarik wisatawan untuk berkunjung, baik wisata lokal maupun dari luar negeri,” kata bupati.

Untuk meningkatkan akses menuju geosite Cigitung, Marwan berjanji akan meningkatkan jalan menuju kampung tersebut. Dia harapkan, kemudahan akses ke geosite Cigintung dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke destinasi wisata purbakala.

Pada kegiatan itu, bupati membagikan bantuan kepada warga kurang mampu, termasuk penyandang disabilitas.  

Sementara Kades Gunungsungging, Nanang kepada wartawan menyatakan, pihaknya sepakat geosite di Kampung Cigitung dikembangkan menjadi objek wisata. Di Cigitung, ujar dia, terdapat situs purbakala berupa batu fosil megalodon. Selain di Cigintung, di kampung-kampung lainnya juga ditemukan geosite sejenis.

“Karena itu kami akan membangun akses jalan menuju lokasi batu-batu fosil di beberapa lokasi yang ada di Desa Gunungsungging. Kami juga akan mengajak warga untuk memelihara situs-situs tersebut,” ujar Nanang.

Dalam kunjungannya ke Surade, bupati juga mendatangi Kelompok Tani pembudidayaan ikan mas di Kampung Dangdeur, Desa Gunungsungging. Dia didampingi sejumlah kepala perangkat daerah antara lain Kepala Bappeda, Kadis Pertanian, Kadis Lutkan, Kepala DPMD, Kadis Perkim, Kadis PU, Kadis Pariwisata, Plt. Kadis Budpora, dan Kadishub. (*)