Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0607 Berdayakan Lahan Tidur

oleh -
Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kodam III Siliwangi sungguh-sungguh mengelola dan memberdayakan lahan pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan. Salah satu fokusnya adalah pemanfaatan lahan tidur untuk ditanami aneka jenis tanaman pangan seperti padi, jagung, dan sorgum.

“Dalam menjalankan program ketahanan tersebut, kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah,” kata Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo ketika bersilaturahmi dengan para wartawan di PWI Kota Sukabumi, Jumat (8/1/2021).

Untuk mendapatkan data ketersediaan pangan, Kodim 0607 melakukan pengecekan ke Pamkot Sukabumi, Pemkab Sukabumi, dan Gudang Bulog setempat. Jajaran Kodim 0607 juga berkoordinasi dengan kedua pemda untuk mencari lahan tidur.  

Berkat koordinasi yang intens dan kerja keras yang tidak mengenal lelah serta keuletan, Kodim 0607 bisa mendapatkan dua lokasi lahan tidur untuk diolah bersama para petani.

Lahan-lahan tersebut terletak di sekitar Makodim 0607 seluas 1,1 hektare dan Selakaso Kecamatan Cibeureum dengan luas 1,3 hektare. Baru-baru ini dari lahan di sekitar Makodim dihasilkan padi sebanyak 3,9 ton.

“Sementara di Selakaso, kami menanam jagung dan sorgum yakni sumber karbohidrat pengganti beras,” kata Letkol Danang.

Menurut dia, lahan di Sukabumi cocok dijadikan lahan untuk menaman padi dan palawija. Karena itu masyarakat di Kota dan Kabupaten Sukabumi dapat mencukupi kebutuhan pangannya di tengah kondisi pandemi Covid-19. Ketahanan pangan di Sukabumi tetap aman.

“Kami berani memastikan di Kota maupun Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah teritorial kami tidak ada warga yang kelaparan akibat pandemi Covid-19,” ujarnya. 

Wilayah binaan Kodim 0607 mencakup seluruh wilayah Kota Sukabumi dan kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang terletak di jalur jalan nasional seperti Cikembar, Sukaraja, Cisaat, Cibadak, Nagrak, Parungkuda, Cicurug, dan sekitarnya.

Mengenai hasil panen, lanjut dia, Kodim 0607 menyimpannya sebagai persediaan untuk mendukung ketahanan pangan. Jajarannya selalu siap bergerak ke wilayah untuk membantu warga yang kekurangan pangan akibat pandemi atau tekanan ekonomi.

“Kami telah memerintahkan jajaran untuk melakukan pemantauan ke lapangan guna mendapatkan informasi seputar kondisi ketahanan pangan masyarakat. Kami akan membantu masyarakat yang mengalami kekurangan pangan,” kata Dandim. (*)