Komisi II: Pengembang Pasar Pelita Harus Tambah Pekerja

oleh -
Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi, Ivan Rusvansyah (keempat dari kanan) bersama anggota Komisi II ketika menggelar sidak ke lokasi pembangunan Pasar Pelita.

Wartawan Iyus Firdaus PWI   

Editor Wawan AS

Komisi II DPRD Kota Sukabumi menyarankan penambahan pekerja kepada pengembang Pasar Pelita PT. Fortunindo Artha Perkasa (FAP) agar dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Kalau tidak ditambah pekerja, para wakil rakyat khawatir, pembangunan Pasar Pelita tidak selesai sesuai kontrak.

Hal itu dikatakan ketua Komisi II Ivan Rusvansyah kepada media, Kamis (7/1/2021). Guna memastikan pengembang akan melaksanakan tahapan-tahapan pekerjaan sesuai kontrak, ujar Ivan, Komisi II akan memonitor kemajuan proyek dari waktu ke waktu.

“Kemarin kami inspeksi mendadak atau sidak ke lokasi pembangunan Pasar Pelita. Kami ingin melihat progres pekerjaan tahap pertama yaitu basement. Ternyata, kontraktor sedang mengerjakan tahapan tersebut,” kata politisi Partai Golkar tersebut.

Dari hasil sidaknya itu, Ivan menyimpulkan, jika progres pekerjaan ingin lebih cepat, pengembang harus menambah pekerja. Dia yakin, tahapan penyelesaian basement dapat tuntas sesuai kontrak jika PT FAP menambah pekerja bangunan.

“Begitu juga untuk menyelesaikan tahapan-tahapan pembangunan selanjutnya, penambahan pekerja ini mutlak diperlukan,” ujar dia.

Berita terkait: Pembangunan Pasar Pelita Terhambat Covid-19, Pemkot Setuju Tambahan Waktu

Usulan Komisi II itu langsung disampaikan kepada perwakilan pengembang. Gayung bersambut, usulan tersebut direspon dengan positif oleh PT FAP. Wakil pengembang menyatakan, dalam minggu-minggu ini pekerja tambahan akan berdatangan ke lokasi proyek Pasar Pelita.

“Kata perwakilan pengembangan, rekrutmen pekerja agak terhambat oleh keharusan menempuh prosedur pemeriksaan bebas Covid-19 bagi para pekerja. Tapi sebentar lagi akan berdatangan ratusan pekerja,” tutur Ivan.

Dalam sidaknya, Ivan turun ke lapangan bersama enam anggota Komisi II dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi, Ayi Jamiat berserta jajarannya.

“Sidak tersebut merupakan bagian dari tugas pengawasan dan pengawalan pembangunan. Kami akan mengingatkan pengembangan agar menyelesaikan pekerjaannya paling lambat bulan Mei nanti,” kata dia.

PT FAP telah membuat perpanjangan waktu hingga empat kali untuk menyelesaikan pembangunan Pasar Pelita. (*)