Terminal KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi Tetap Konsisten Terapkan Prokes

oleh -
Semua pengunjung Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi harus melewati gerbang steril sebelum memasuki peron terminal.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Editor Iyus Firdaus PWI

Sejalan dengan melekatnya status sebagai penerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan, Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Pengelola terminal mewajibkan semua pengunjung untuk memakai masker dan menjaga jarak, baik ketika sedang menunggu bus maupun saat berada di dalam bus.

“Penyebaran dan wabah Virus Corona belum berakhir. Kami tidak mengendurkan penerapan aturan protokol kesehatan, khususnya 3M,” kata Kepala Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Sanusi, Yukky Rahmat Yunus di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021).

Terminal KH. Ahmad Sanusi merupakan sarana publik milik Kementerian Perhubungan RI yang terletak di Jalan Lingkar Selatan atau sering disebut Jalan Jalur Kota Sukabumi. Pada akhir tahun lalu, terminal ini dinobatkan sebagai juara harapan pertama kategori tipe A lomba terminal sehat tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan.

“Semua penumpang dan calon penumpang harus melaksanakan Pesan Ibu 3M yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Untuk keperluan mencuci tangan, kami menyediakan wastafel yang bisa dipakai oleh masyarakat,” ujar Yukky.

Ketentuan tersebut, lanjut dia, juga berlaku bagi awak angkutan umum seperti pengemudi, kondektur, dan penjual tiket. Ketika akan memasuki peron penumpang, semua orang harus melewati gerbang steril. Mereka juga harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh.  

“Setelah calon penumpang dipastikan aman dari Virus Corona,  mereka dipersilakan naik ke atas bus,” tutur dia.

Terkait lomba Terminal Sehat yang diikuti oleh 126 terminal, penilaiannya meliputi penerapan prokes di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan kebersihan lingkungan. Jadi selain menerapkan prokes secara ketat, Terminal KH Ahmad Sanusi juga selalu menjaga kebersihan.

Terminal yang terletak di kawasan selatan Kota Sukabumi itu memberikan pelayanan jasa angkutan selama 24 jam. Rencananya tahun 2021 ini akan diberlakukan AKAP trayek Sukabumi-Padang yang merupakan perpanjangan dari trayek Ciawi-Padang. Realisasinya kira-kira setelah ruas Jalan Tol Bocimi telah sampai Cibadak. (*)