Puluhan Ribu Sertifikat Tanah Dibagikan, Bupati Berterima Kasih kepada BPN

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada peserta program PTSL disaksikan Kepala ATR/BPN Kabupaten Sukabumi, B. Wijanarko.

Wartawan Agus Setiawan

Editor Wawan AS

Puluhan ribu sertifikat tanah yang dibuat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dibagikan oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi kepada masyarakat. Untuk itu Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan terima kasih kepada BPN. Bupati mengimbau peserta PTSL bersyukur atas diterimanya bukti kepemilikan tanah tersebut.

Penyerahan sertifikat tanah dari program PTSL kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi diselenggarakan di Pendopo Sukabumi, Selasa (5/1/2021) sore. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah launching penyerahan sertifikat oleh Presiden Joko Widodo di tingkat nasional secara virtual.

“Sertifikat tanah merupakan kejelasan kepemilikan tanah bagi masyarakat.  Karena itu warga yang telah memiliki sertifikat dapat menjadi lebih tenang,” kata bupati.

Sebagai bentuk syukur atas program PTSL, para peserta harus memanfaatkan sertifikat tanah yang diterimanya dengan sebaik-baiknya. Sertifikat tanah, ujar bupati, harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dia menekankan, jangan sampai pemilik sertifikat tanah menggadaikan dokumen tersebut untuk keperluan konsumtif.   

“Sebisa mungkin sertifikat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada BPN yang telah bekerja keras dalam menerbitkan sertifikat,” kata bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/BPN Kabupaten Sukabumi, B. Wijanarko menjelaskan, jumlah  sertifikat PTSL yang penyerahannya dilakukan secara simbolis mencapai 13.507 sertifikat.

Adapun total sertifikat tanah yang dibagikan sepanjang tahun 2020 mencapai 41.713 sertifikat.  Serah terima sertifikat diwakili oleh 20 penerima yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Salah seorang penerima sertifikat PTSL, Entis Sutisna menyampaikan harapannya, program PTSL terus digulirkan oleh pemerintah karena memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembuatan sertifikat tanah. Dengan memiliki sertifikat, pemilik tanah mendapatkan kepastian hukum atas harta tidak bergerak tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas program PTSL ini,” ujar Entis. (*)