Wali Kota Serahkan Bantuan Sembako kepada Pasien Covid-19

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah disaksikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (kiri).

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Dukungan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi kepada para pasien Covid-19 diwujudkan dalam bentuk dorongan moral maupun materil. Dalam bentuk material, dukungan diwujudkan dalam bentuk pemberian sembako kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Pemberian sembako untuk pasien Covid-19 dilaksanakan di Balai Kota Sukabumi, Selasa (5/1/2021). Kegiatan tersebut dipimpin wali kota didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi,  Rita Fitrianingsih. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada salah seorang keluarga pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Di tempat pemberian sembako, semua hadirin mengenakan masker dan menjaga jarak sebagai implementasi dari aturan protokol kesehatan dan gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sebelum masuk ke tempat acara, para pejabat maupun warga yang menerima bantuan mencuci tangan di tempat yang disediakan. 

“Bantuan ini untuk mendorong kesembuhan para pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. Dengan bantuan ini semoga beban pasien dan keluarganya menjadi lebih ringan,” tutur Fahmi dalam sambutannya.

Wali kota juga menjelaskan, sembako yang dibagikan berasal dari instansi, organisasi profesi kesehatan, dan dunia usaha. Pemberi bantuan antara lain Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia,  dan Bank BJB.

“Dalam penanggulangan Covid-19, pemerintah dan Satgas Covid-19 membutuhkan dukungan dari semua pihak,” ujar Fahmi.

Sampai sekarang, lanjut dia, kasus positif Covid-19 masih terus terjadi di Kota Sukabumi. Kondisi saat ini ruang isolasi RSUD R. Syamsudin, SH pun terisi penuh. Sebagian besar pasien Covid-19 menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing.

Sementara itu, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana menjelaskan bahwa bantuan paket sembako tersebut diberikan kepada pasien Covid-19 dan masyarakat yang rentan terpapar Covid-19. Banyaknya sembako yang dibagikan mencapai 874 paket. (*)