Perangkat Desa Bersama TNI/Polri di Jampangtengah Membangun Rumah Reyot

oleh -
Pembangunan rumah Firman di Kampung Suninggar, Desa/Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi dikerjakan secara gotong royong oleh aparat desa, TNI, dan Polri bersama masyarakat.

Wartawan Dicky Sopyan

Tiga serangkai dalam pemerintahan desa di Desa Jampangtengah, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi bersama masyarakat bahu-membahu membangun rumah tidak layak huni (RTLH). Rumah yang dibongkar dan dibangun kembali itu milik Firman di Kampung Suninggar, Jampangtengah.

Pada aksi sosial itu tampil sebagai pelopor adalah Kepala Desa Jampangtengah Agus Jayadi beserta Bhabinkamtibmas Brigadir Sugiarto dan Babinsa Sertu Rahmat Karyadin. Tiga orang ini maju paling depan pada kegiatan bedah rumah milik Firman dan keluarganya.

Rumah milik Firman tidak layak sebagai tempat tinggal. Bangunannya  sudah reyot, lapuk, dan bolong-bolong. Material pendukungnya kayu dan bambu yang rentan oleh perubahan iklim.

“Upaya yang kami lakukan ini bertujuan untuk meringankan beban Pak Firman. Kami menginginkan keluarga beliau dapat tinggal di rumah yang layak huni,” kata Sertu Rahmat, Sabtu (26/12/2020).

Pembangunan rumah Firman dilakukan secara swadaya dengan melibatkan semua komponen masyarakat. Dana untuk merenovasi rumah Firman dihimpun dari  warga yang bersimpati kepada keluarga Firman.

Banyak pihak yang terlibat aktif untuk membantu Firman. Mereka yang memberikan bantuan antara lain Asper Kehutanan  Jampangtengah, mandor kehutanan, H. Jenal, H. Karna, H. Nir,  Akung, Hendi Miun, H. Agus, dan Okke Oktaviandi, Asep, perangkat desa, serta RT dan RW.

Sementara itu, penerima bantuan, Firman mengungkapkan rasa harunya atas bantuan yang diterima dari kades, Bhabinkambtimas, Babinsa, tokoh masyarakat, dan warga. Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan rumahnya. (*)