Gelar Rapid Test, Polres Sukabumi Tidak Temukan Warga Reaktif Covid-19

oleh -
Kapolres Sukabumi Kapolres Sukabumi, AKBP M. Lukman Syarif, S.IK., M.H. monitoring posko Covid-19 tempat rapid test antigen untuk wisatawan.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

Polres Sukabumi, Polda Jabar bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi dan tim gabungan dari TNI dan pemda menggelar rapid test antigen di beberapa lokasi wisata di kawasan Palabuhanratu, Sabtu (26/12/2020).

Sasaran rapid test adalah wisatawan yang berkunjung ke Palabuhanratu, Cikakak, dan Cisolok. Pada test tersebut, tim kesehatan tidak menemukan warga yang reaktif  Covid-19.

Lokasi yang dijadikan tempat rapid test terdiri dari Pantai Citepus Palabuhanratu, Pantai Kadaka Cikakak, Pantai Karanghawu Cisolok, dan Pos Pengamanan di Bagbagan, Palabuhanratu.

“Berdasarkan laporan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi, sejauh ini belum ditemukan warga yang reaktif Covid-19.  Kami akan terus menggelar rapid test ini sebagai bagian dari upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Sukabumi, AKBP M. Lukman Syarif, S.IK., M.H. ketika ditemui di Pantai Citepus.

Sasaran prioritas yang disertakan pada rapid test, ujar dia, adalah wisatawan yang tidak menggunakan masker, terutama yang datang dari luar wilayah Kabupaten Sukabumi. Fokusnya ditujukan pada warga yang datang dari wilayah zona merah.  

Rapid Test tersebut dipimpin oleh Kabag Operasi Polres Sukabumi, Kompol Suwardi,  S.H. Dalam test tersebut, wisatawan dibawa ke posko Covid-19 untuk menjalani rapid test antigen. Prosesnya cukup singkat, hanya sekitar 30 menit hasilnya sudah rapat dilihat.   

Kepada para wisatawan, para petugas Polres Sukabumi juga mengimbau agar mereka mentaati aturan protokol kesehatan, khususnya 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kegiatan pencegahan Covid-19 itu dihadiri para pejabat Polri, TNI, dan pemda. Tampak hadir antara lain Pamatwil Polres Sukabumi Kombes Pol.  DR. H. Yoslan, SH., M.H.; Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno, S.Sos.; dan Wakapolres Sukabumi Kompol Sigit Rahayudi, S.I.K.;

Personel yang dilibatkan berasal dari Polres Sukabumi; Kodim 0622 Palabuhanratu; BPBD Kabupaten Sukabumi; Satpol PP; Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi;  Puskesmas Palabuhanratu, Cikakak, dan Cisolok; serta Forkopimcam Palabuhanratu, Cikakak, dan Cisolok. (*)