Dari Lembursitu, Ikan Tetra Menembus Pasar Ekspor

oleh -
Kang Oboy Rasbora sukses mengembangkan usaha budi daya ikan tetra galaxy hingga produknya bisa menembus pasar ekspor.

Wartawan Indra Pemanah Rasa

Editor Wawan AS

Usaha yang digeluti Saeful Gunawan alias Kang Oboy Rasbora dalam budi daya ikan tetra galaxy benar-benar prospektif sebagai lahan bisnis di masa depan. Ikan-ikan yang dibudidayakannya mampu menembus pasar ekspor di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Thailand, dan negara-negara lainnya. 

“Saya telah menekuni usaha ini sejak tahnun 2015 dan masih berjalan sampai sekarang,” kata Kang Oboy ketika ditemui di tempat pembudidayaan ikan miliknya di Jalan Pelabuhan 2 Km 7 RT 02 RW 06 Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Rabu (2/12/2020) sore.

Kang Oboy memang berkonsentrasi pada budi daya ikan tetra galaxy kualitas ekspor. Tapi dia juga melayani pembelian lokal dengan harga jual Rp1.400 sampai Rp1.500 perekor di tingkat petani. Harga di luar negeri tentu bisa berkali-kali lipat. 

Dari usahanya itu, Kang Oboy bisa membiayai kebutuhan ekonomi keluarganya. Hasil yang diraihnya sekarang tidak seperti jatuh dari langit, tetapi melalui proses yang panjang dan berliku-liku. Dia konsisten menjalankan usahanya sehingga bisa meraih hasil yang dicapai saat ini. 

“Kuncinya jangan lelah berjuang karena pada setiap perjuangan pasti mendapatkan hasil. Usaha apapun harus dijalani dengan konsisten,” ujarnya.  

Kang Oboy tidak menempuh proses ekspor langsung untuk ikan yang dihasilkannya. Dia mengirimkan ikan siap panen berumur 1,5 bulan ke mitra kerjanya eksportir di Bandung. Dari Bandung, ikan-ikan tentra asal Lembursitu itu diterbangkan ke berbagai negara tujuan ekspor.

Dalam proses pembudidayaan ikan tetra galaxy, Kang Oboy memilih indukan-indukan pilihan berumur 3 bulan. Induk ikan ini ditempatkan di kolam khusus berukuran 6×3 meterpersegi. Biasanya dari 250 ekor indukan bisa dihasilkan 5.000 ekor anak ikan.

“Pada umur 1,5 bulan, ikan-ikan itu siap dipanen. Jadi prosesnya cukup cepat. Saya bisa panen satu bulan sekali,” jelas dia.

Untuk pakannya, ikan tetra galaxy mengkonsumsi infusoria untuk ukuran larva dan cacing sutra untuk pembesaran. Infusoria merupakan istilah untuk jasad renik perairan seperti ciliate, euglenoids, protozoa, ganggang uniseluler, dan hewan invertebrata kecil. (*)