Wali Kota Serahkan Alat Jahit-menjahit kepada Lapas Nyomplong

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (kanan) menyerahkan bantuan barang berupa peralatan menjahit kepada Kepala Lapas Kelas IIB Nyomplong, Yosafat Rizanto. Tampak berdiri kedua dari kanan adalah Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Didin Syarifudin.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Kepedulian Pemkot Sukabumi terhadap program pemberdayaan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nyomplong patut diacungi jempol. Dalam hal ini Pemkot Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) memberikan peralatan menjahit kepada Lapas Nyomplong untuk mendukung program pemberdayaan warga binaan di lapas tersebut.

Penyerahan bantuan peralatan menjahit itu dilaksanakan di Kantor Disneker Kota Sukabumi, Jalan Ciaul Pasir Nomor 63 Kota Sukabumi, Rabu (2/12/2020). Bantuan diserahkan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi kepada Kepala Lapas Kelas IIB Nyomplong, Yosafat Rizanto.

Adapun barang-barang yang diserahterimakan terdiri dari 6 mesin jahit, 1 mesin obras, dan 1 mesin bordir. Semua peralatan menjahit itu termasuk barang bermerek yang terjamin kualitasnya. 

“Kami harapkan dengan adanya bantuan ini, warga binaan di Lapas Nyomplong dapat lebih meningkatkan keterampilan dan produktivitasnya dalam program pemberdayaan,” kata wali kota setelah serah terima bantuan.

Dengan keterampilan yang dimiliknya, lanjut Fahmi, para warga binaan memiliki bekal untuk kembali ke tengah masyarakat. Keterampilan menjahit yang dikuasai warga binaan, ujar dia, dapat menunjang kehidupan warga binaan manakala telah berada di masyarakat dan keluarganya.  

Sementara Kepala Disnaker Kota Sukabumi Didin Syarifudin menjelaskan, total harga bantuan yang diserahkan kira-kira Rp70 juta. Bantuan untuk Lapas tersebut, kata Didin, merupakan ajuan pada bulan Januari lalu. Namun realisasinya diakomodir pada Perubahan APBD Kota Sukabumi tahun anggaran 2020. (*)