Sekda: Katangguhan Daerah Hadapi Bencana Harus Berbasis Kajian Informasi

oleh -
Sekda Kota Sukabumi, H. Dida Sembada (kiri) bersama Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi H. Imran Whardani pada lokakarya penguatan ketangguhan daerah dalam menghadapi bencana.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Seketaris Daerah  (Sekda) Kota Sukabumi, H. Dida Sembada menyatakan, ketangguhan daerah dalam menghadapi bencana harus berbasis kajian informasi. Karena itu sistem informasi kebencanaan haruslah menyajikan informasi secara cepat dan tepat.

“Ketangguhan daerah dalam menghadapi bencana harus dijalankan berdasarkan sistem kajian informasi,” kata sekda ketika membuka kegiatan Lokakarya Penguatan Ketangguhan Daerah Melalui Pemetaan dan Kajian Risiko Bencana Berbasis Sistem Data Bencana bertempat di Hotel Balcony, Senin (30/11/2020).

Dalam menanggulangi bencana, ujar dia, pemda sudah dan selalu menyiapkan diri sejak dini mulai perencanaan teknis dan proses penanganan bencana.  Ancaman bencana bisa datang kapan saja, kata sekda, seperti longsor, gempa bumi, dan banjir. Karena itu daerah harus selalu siap menghadapinya.

“Kami memberikan perhatian khusus terhadap ancaman banjir yang selalu dihadapi warga yang tinggal di bantaran sungai,” ujar Dida.

Ancaman banjir, lanjutnya, dijadikan salah satu fokus BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi dalam kesiapsiagaan bencana. BPBD selalu mengingatkan warga yang tinggal di bantaran kali agar selalu waspada, terutama pada musim hujan.

“Melalui lokakarya ini, BPBD bisa memetakan risiko bencana dan risiko mana saja yang dapat dieliminir,” kata Dida yang karena jabatannya dia juga menjabat Kepala BPBD Kota Sukabumi.

Faktor-faktor yang dapat dijadikan bahan analisis dalam memetakan risiko bencana, ujar sekda, antara lain kepadatan penduduk dan kerentanan serta kapasitas sumber daya penduduk dalam penanganan bencana.

“Lokakarya ini harus dijadikan ajang untuk membangun ketangguhan daerah dalam menghadapi bencana berbasis informasi kebencanaan,” ujarnya.

Pada kegiatan itu tampak hadir Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, H. Imran Whardani beserta jajarannya sebagai penanggung jawab. (*)    

Lokakarya penguatan ketangguhan daerah dalam menghadapi bencana yang diselenggarakan oleh BPBD Kota Sukabumi.