Pemda Berharap Mitra KSP Parkir Bisa Tingkatkan PAD dan Tertibkan Parkir

oleh -
Salah satu titik parkir yang pengelolaannya dikerjasamakan dengan pihak ketiga di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Iyus Firdaus PWI

Pemilihan Mitra Kerjasama Pemanfaatan (KSP) Parkir tepi jalan melalui Panitia Seleksi (Pansel) di targetkan pada Desember 2020 bisa tuntas sampai mendapatkan perusahaan yang terpilih sebagai mitra kerjasama untuk mengelola parkir tepi jalan.

Tujuan Pemerintah daerah menyerahkan 50 titik ruas jalan parkir kepada pihak ketiga bukan hanya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan tetapi pihak ketiga mampu lebih baik menertibkan pengelolaan parkir.

“Salah satu tujuan kita menyerahkan pengelolaan parkir tepi jalan ke pihak ketiga bukan hanya peningkatan PAD, tapi mereka menyepakati ketertiban parkir,”kata Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (20/11/2020).

Dida berharap pihak ketiga bisa ikut mengurangi arus kemacetan dari dampak parkir yang di kelola nanti, khususnya di pusat Kota seperti Jalan Ahmad Yani. Pihak ketiga juga harus mengikuti perkembangan jaman, dengan pemanfaatan teknologi parkir sistem non tunai. Hal itu menurut Dida mengikuti perkembangan jaman yang modern, yang di dukung teknologi dan pemahaman pengguna parkir.

“Keinginan kita memang seperti itu ada pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan parkir. Tapi butuh proses mulai dari penyediaan sarana prasarana dan pemahaman dari masyarakat itu sendiri menggunakan teknologi,”jelas Dida.

Selanjutnya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Pansel akan segera menyiapkan kembali dokumen untuk pelaksanaan lelang pemilihan Mitra Kerjasama Pemanfaatan (KSP) Parkir tepi jalan, setelah ada pemenang yang lolos persyaratan kualifikasi dan penawaran. Selanjutnya pemenang diserahkan kepada Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) dimana Sekda Kota Sukabumi selaku Ketua TKKSD.

“Memang kemarin beberapa kali proses lelang ada proses yang tidak bisa ditetapkan. Kalau dulu pedomannya Permendagri tentang kerjasama daerah tahun 2016, sekarang berpedoman dengan ketentuan yang baru Permendagri,”ujar Dida.

Mitra kerja sama akan mengelola parkir terhitung sejak ditetapkan perjanjian kerjasama nantinya. “Mudah-mudahan tahapan pemilihan Mitra Kerja Sama nya bisa segera tuntas di Desember nanti,”ungkapnya. (*)