Ban-gar Optimis Pembahasan APBD 2021 Tuntas pada 15 Desember Nanti

oleh -
Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Sukabumi, HM. Faisal Anwar Bagindo.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Editor Wawan AS

Tidak ada perubahan dalam hal target waktu pembahasan Rancangan APBD 2021 oleh Badan Anggaran (Ban-gar) DPRD Kota Sukabumi. Alat kelengkapan DPRD ini tetap mentargetkan pembahasan RAPBD Kota Sukabumi tahun 2021 selesai pada bulan depan, tepatnya 15 Desember 2020.

“Walaupun drafnya belum diterima dari pemda, kami tetap optimis pembahasan RAPBD 2021 selesai sesuai target yang telah ditetapkan,” kata Anggota Ban-gar DPRD Kota Sukabumi, HM. Faisal Anwar Bagindo kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Semestinya, ujar dia, draft RAPBD sudah diterima Ban-gar pada hari ini. Rupanya beberapa perangkat daerah belum siap untuk memasukkan data pendapatan dan belanja ke dalam darf RAPBD itu.

“Begitu pula hari ini seharusnya digelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota penjelasan Wali Kota Sukabumi untuk Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021. Karena ada beberapa masalah antara lain ada perangkat daerah yang belum siap, agenda rapat tidak terlaksana,” jelas politisi PAN tersebut.

Pada rapat paripurna ini, pemda mestinya menyerahkan draf RAPBD 2021. Ada waktu 1,5 bulan lagi untuk sampai pada pengesahan RAPBD menjadi APBD 2021, kata Faisal.

Nanti setelah menerima draf RAPBD, Ban-gar akan langsung melakukan pembahasan. Karena dilakukan langsung oleh Ban-gar, tidak melalui Pansus (Panitia Khusus), pembahasan RAPBD tersebut dapat lebih cepat.

“Jadi sekalipun terlambat menerima draf, kami tetap akan menyelesaikan pembahasan pada pertengahan bulan Desember nanti. Pada bulan depan semuanya dapat diselesaikan termasuk evaluasi dari gubernur,” kata dia. 

Hendaknya, ujar Faisal, Pemkot Sukabumi dapat menyerahkan draf RAPBD pada minggu ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Waktu semakin mepet, Ban-gar tidak bisa terus menunggu tanpa kepastian jadwal. (*)