Ketua Karang Taruna RW 06 Lembursitu Peduli Warga Miskin

oleh -
Ketua Karang Taruna RW 06 Kelurahan Lembursitu Rizki Oisina (kanan) bersama keluarga Uloh Saepuloh.

Wartawan Indra Pemanah Rasa

Editor Wawan AS

Kepedulian Ketua Karang Taruna RW 06 Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Rizki Oisina atau Kang Osin pada warga miskin patut diacungi dua jempol. Dia rela mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu untuk membantu warga miskin di lingkungannya yang tidak memperoleh bantuan dari pemerintah.

Kang Osin mendapatkan informasi ada warga bernama Uloh Saepuloh yang hidupnya jauh dari layak dan sejahtera. Sehari-hari Uloh bekerja sebagai buruh pengumpul barang rongsokan di salah satu tempat pengumpulan barang bekas.

Warga RT 03 RW 06 Kelurahan Lembursitu ini tidak memiliki penghasilan tetap. Hidupnya sangat susah, melarat, dan nestapa.

“Penghasilan Pak Uloh tidak menentu, kadang-kadang Rp50 ribu perminggu. Untuk makan sehari-hari keluarga bergantung pada istrinya yang membantu-bantu di rumah tetangga,” kata Kang Osin kepada wartawan, Ahad (15/11/2020).

Informasi tersebut didapatkan Kang Osin secara langsung ketika berkunjung ke rumah Uloh. Dia juga mendapatkan penjelasan Uloh tidak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Padahal, pemerintah telah menyediakan 14 program bantuan sosial untuk membantu dan memberdayakan warga kurang mampu.  

“Keluarga Pak Uloh tidak tersentuh bantuan sama sekali. Jadi saya memperjuangkan beliau supaya bisa mendapatkan bantuan,” ujar dia.

Untuk itu, Kang Osin menghadap Lurah Lembursitu Yunan Ananda untuk membahas kondisi Uloh. Saat itu juga Lurah Yunan menugaskan Ketua Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Lembursitu, Heni untuk melaporkan kondisi Uloh ke Dinas Sosial Kota Sukabumi dengan target yang bersangkutan bisa memperoleh bantuan.    

“Kami akan terus membantu warga. Karang Taruna harus peduli dan terus bersinergi dengan warga dan pemerintahan untuk membantu warga kurang mampu di wilayah kami,” ujar dia. (*)