KPU Kabupaten Sukabumi Siapkan Rapid Test untuk Seluruh Petugas TPS

oleh -
Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad (kiri) bersama Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman dan jajarannya masing-masing saat menggelar pembahasan rencana rapid test Covid-19 untuk KPPS yang bertugas di TPS.

Wartawan Wawan Aries Setiawan

KPU Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan pelaksanaan rapid test Covid-19 untuk seluruh anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang bertugas di TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pilkada 2020. Rapid test juga akan dilakukan pada seluruh petugas penyelenggara pemilihan di semua tingkatan dan masyarakat yang menghadiri acara tahapan Pilkada.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman saat membahas rapid test bagi penyelenggara Pilkada 2020 bersama Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad serta unsur TNI-Polri dan perangkat daerah di Pendopo Sukabumi, Selasa (3/11/2020) sore.

“KPU memiliki kewajiban melakukan rapid test untuk KPPS. Namun karena kami bukan ahli di bidang kesehatan, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam pelaksanaannya,” kata Ferry di depan forum pertemuan.

Pemeriksaan melalui rapid test itu, ujar dia, bertujuan untuk mencegah penyebaran  Covid-19 selama pemungutan suara. Dalam hal ini terdapat 46.539 anggota KPPS yang harus mengkuti rapid test. 

Rencananya, lanjut Ferry, pelaksanaan rapid test dimulai tanggal 24 November 2020 setelah penetapan KPPS sampai dengan selesai. KPU telah menyiapkan 400 titik sebagai lokasi penyelenggaraan rapid test bagi KPPS.

“Rapid test juga akan dilakukan pada tahapan penyimpanan logistik di kecamatan, debat kandidat, hingga sosialisasi di tingkat desa,” tambahnya.

Karena penyelenggaraan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan, kata dia, KPU akan menyertakan APD (alat pelindung diri) saat pengiriman logistik pemilihan. Ferry pun memohon pemda untuk memasilitasi penyediaan gudang di kecamatan dan desa untuk menyimpan APD dan logsitik Pilkada.

“Jika gudang telah tersedia, kami tidak akan kebingungan saat mengirimkan logistik dan APD ke kecamatan dan desa,” tuturnya.

Di tempat yang sama Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad menyatakan, Pemkab Sukabumi mendukung pelaksanaan rapid test untuk petugas penyelenggara Pilkada guna menunjang percepatan kinerja KPU. Dia akan memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan rapid test tersebut.

“Rapid test ini penting mengingat pelaksanaan Pilkada harus memberikan rasa nyaman dan aman kepada penyelenggara maupun pemilih. Pilkada harus dijalankan dengan penerapan protokol kesehatan. Rapid test menjadi salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Gani. 

Terkait pemohonan gudang, dirinya akan meminta camat untuk menyediakan ruang serbaguna. Nantinya ruangan tersebut bisa dijadikan tempat penyimpanan logistik dan APD.

Berkaitan dengan hal tersebut, selama ini seluruh jajaran Pemkab Sukabumi terus menyosialisasikan 3M kepada masyarakat yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pemda juga rutin menggelar Operasi Yustisi untuk menyadarkan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan. (*)